Menjaga agar Bandsaw Blade Anda Lebih Awet

Tim kami sering menemukan kasus bandsaw blade yang cepat tumpul & patah di berbagai workshop. Hal ini tentunya akan memperlambat produksi. Produksi telat, waktu terbuang dan uang pun berhamburan. Bos dan karyawan pun dirugikan. Masalah tersebut sebetulnya gampang untuk dihindari. Banyak tips & trick dalam menjaga agar bandsaw blade Anda lebih awet. Berikut adalah salah satunya:

Ketika Anda akan menggunakan bandsaw blade baru, pastikan untuk melakukan break-in sebelum menggunakannya dalam proses produksi. Bandsaw blade yang baru memiliki ujung gerigi yang sangat tajam. Memotong dengan tekanan tinggi tanpa melakukan pengasahan akan menyebabkan kerusakan mikroskopis pada ujung gerigi.

Break-in yang benar dapat membantu ujung gerigi bandsaw blade membentuk radius yang tepat. Hal ini akan membuat bandsaw blade lebih kuat dalam menahan tekanan saat pemotongan selanjutnya. Break-in yang tidak keliru akan memperpendek umur pakai blade dan memperbesar cost produksi.

Perhatikan perbedaan gerigi bandsaw blade berikut:

Cara melakukan break-in tergantung pada jenis bandsaw bladenya. Berikut ini adalah proses break-in yang disarankan untuk masing-masing jenis:

Bi-metal saw blade

  1. Gunakan band speed yang direkomendasikan.
  2. Kurangi feed rate hingga 50% untuk pemotongan dalam 20 menit pertama.
  3. Kemudian, tingkatkan feed rate secara tahap sehingga menjadi normal dalam 10 menit.
  4. Lanjutkan pemotongan dengan band speed dan feed rate normal.

Carbide saw blade

  1. Pada 20 menit pertama, kurangi band speed hingga 70% dan feed rate hingga 50% dari yang direkomendasikan.
  2. Kemudian, tingkatkan band speed dan feed rate secara bertahap sehingga menjadi normal dalam 10 menit. Pastikan tidak ada bunyi mendecit dari bandsaw blade.
  3. Lanjutkan pemotongan dengan band speed dan feed rate normal.

 Jangan lupa juga untuk menyesuaikan Pelumasan dan Tension blade jika anda akan melakukan break-in.

Demikian salah satu tips agar bandsaw blade lebih tahan lama. Selain proses break-in, pemilihan bandsaw blade dan mesin yang sesuai kebutuhan juga penting. Anda bisa mengunjungi page product kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai produk sawing yang kami tawarkan. Kami juga siap membantu untuk memilih produk yang paling tepat bagi kebutuhan produksi Anda. 

Hubungi kami . Lihat Product Page