Bandsaw Blade Anda Mudah Patah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Gergaji pita atau bandsaw blade adalah salah satu mata pisau yang digunakan pada mesin potong yang digunakan untuk berbagai jenis aplikasi pada Industri. Gergaji pita atau bandsaw blade yang patah sebelum waktunya bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Nah, berikut ini beberapa alasan bandsaw blade patah sebelum waktunya.

  • Teknik dan Perawatan yang Salah

Alasan utama patahnya bandsaw blade adalah teknik atau perawatan yang salah. Penggunaan pelumas pada mata pisau yang tidak tepat atau terlalu sedikit untuk bahan yang dipotong seringkali menjadi penyebab kerusakan.

  • Pengoperasian Blade Baru yang Tidak Dilakukan dengan Benar

Pengaturan kecepatan blade yang tidak tepat untuk jenis material dan jenis blade adalah mode kegagalan lain yang dapat menyebabkan kerusakan blade. Untuk itu, lakukan instruksi penggunaan yang disarankan oleh pabrik. Atau jika perlu minta pelatihan dari pabrik atau distributor tempat Anda membeli mesin.

Menjalankan gergaji pita baru, terutama setelah Anda memasang bilah gergaji baru, sangat penting untuk mencegah kerusakan. Prosedur run-in yang benar memerlukan penyesuaian laju pengumpanan material yang akan dipotong hingga setidaknya lima puluh persen dari laju pengumpanan operasi normal untuk setidaknya lima menit pertama setelah pemasangan.

  • Tegangan Tinggi Mata Gergaji

Pengencangan mata gergaji yang benar sangat penting. Bandsaw Blade yang longgar akan membuatnya mudah patah. Bandsaw blade Anda biasanya dilengkapi dengan indikator ketegangan bawaan. Selalu periksa tegangan bandsaw blade dan pastikan sudah benar pemasangannya Anda. Jika gergaji pita Anda tidak dilengkapi dengan penegang bilah gergaji bawaan, Anda dapat membeli pengukur tegangan bilah genggam dan panduan untuk pengaturan bilah.

  • Jumlah Bilah Gigi Gergaji Pita Sedikit

Bandsaw blade biasanya memiliki jumlah gigi per inci yang rendah berkisar antara empat dan empat belas gigi per inci. Aturan praktis untuk bilah gergaji pita adalah memiliki setidaknya tiga gigi penuh yang bersentuhan dengan permukaan yang akan dipotong. Jika gigi yang bersentuhan dengan permukaan potongan lebih sedikit, resiko gigi tersangkut di tepi benda kerja lebih tinggi, sehingga meningkatkan risiko patahnya mata pisau.

  • Pisau Gergaji Tumpul

Bandsaw blade tidak bisa bertahan selamanya meskipun perawatan pada mesin dilakukan secara tepat dan dilumasi dengan benar. Saat bandsaw blade menjadi tumpul dan gigi kehilangan ujung tajamnya, risiko terjepit dan patah akan meningkat. Gejala pisau tumpul adalah tingkat kebisingan saat memotong meningkat.

Kerusakan akan terjadi secara bertahap, untuk menghilangkan risiko mata gergaji patah selama pengoperasian, maka ganti mata gergaji dan ikuti prosedur pengoperasian yang benar untuk mata gergaji baru.

  • Cacat Pada Mesin Bandsaw

Cacat mesin bandsaw adalah penyebab potensial lain dari kerusakan mata pisau. Jika bantalan tidak sejajar atau pemandu bandsaw tidak dipasang dengan benar, maka mesin akan merusak bandsaw terbaru sekalipun. Pastikan rol bantalan dan pemandu bandsaw blade dipasang dengan benar dan tidak menyebabkan pita gergaji terpuntir dan patah. Selain itu, lakukan perawatan rutin dan pemeriksaan pelumasan untuk memastikan bahwa penyetelan mesin tetap benar.

  • Kualitas Bandsaw Blade Buruk

Ingat bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Untuk mendapatkan kualitas bandsaw blade yang terbaik Anda perlu menyiapkan biaya yang sepadan. Tetap berpegang pada kualitas mata pisau yang direkomendasikan oleh produsen gergaji pita dan merawat mesin dan mata pisau Anda secara teratur. Pilihlah produk band saw yang berkualitas dari produsen yang terpercaya  untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja.

  • Blade Terlalu Aus

Kualitas blade yang buruk akan menyebabkan kerusakan lebih sering dan menyebabkan Anda melakukan pemasangan blade tambahan dan prosedur pengoperasian. Pilih bandsaw blade yang tepat dan sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan untuk menghasilkan hasil operasional dan daya tahan yang terbaik.

 

Sedang Mencari Bandsaw atau Gergaji Pita?

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan band saw blade berkualitas yang dapat di custom sesuai kebutuhan industri Anda. Kami juga memiliki mesin dan peralatan yang lengkap untuk menyambung gergaji pita yang dioperasikan oleh engineer yang berpengalaman. Sehingga bandsaw blade yang kami hasilkan berkualitas dan tahan lama.

Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai harga produk mesin bandsaw dan bandsaw blade, jangan ragu untuk menghubungi kami disini. Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.