Tips Memilih Mata Gergaji Pita (Bandsaw Blade) Untuk Material Logam

Mata gergaji pita (bandsaw blade) adalah alat potong berupa lembaran pisau panjang dari bahan logam, atau dikenal juga sebagai bandsaw blade.

Saat akan membeli mata gergaji pita, sebaiknya Anda sesuaikan dengan tujuan pengaplikasiannya. Pada artikel ini kami rangkum 3 tips memilih mata gergaji yang tepat khusus untuk memotong material logam.

1. Material Yang Akan Dipotong Dengan Gergaji Pita

Tips pertama adalah menentukan material logam yang akan dipotong. Apakah Anda akan memotong dalam bentuk solid material, tube, profile atau struktural. Serta apakah akan dipotong dengan cara bundle cutting (tumpukan) atau satuan.

Beda material yang dipotong, maka berbeda pula jenis bandsaw blade yang digunakan.

2. Jenis Mata Gergaji Pita Yang Digunakan

Tips kedua adalah mengetahui apa saja jenis-jenis bandsaw blade yang tersedia di pasaran. Berikut ini adalah beberapa jenis bandsaw blade serta tujuan pemotongannya.

a. Silencer GP

Silencer GP adalah jenis yang digunakan untuk memotong tube, profile, dan solid material ukuran kecil.

b. Silencer Plus

Silencer Plus adalah jenis yang digunakan untuk memotong tube dan solid material dengan pemotongan bundle cutting (tumpukan).

c. StructurALL

StructurALL adalah jenis yang cocok digunakan untuk memotong tube material.

d. Supreme

Supreme adalah jenis yang cocok digunakan untuk solid material dan hard material.

3. Ukuran Gergaji Pita sesuai Mesin Yang Digunakan

Tips ketiga adalah menentukan berapa ukuran bandsaw blade yang dibutuhkan. Untuk panjangnya tergantung dari mesin bandsaw Anda. Ukurannya dapat dilihat pada User's Manual mesin Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui berapa lebar blade nya. Lebar pisau akan menentukan radius minimum logam yang akan dipotong. Kapasitas lebar bandsaw blade maksimumnya tergantung pada mesin bandsaw yang Anda gunakan. 

Cara Merawat Mata Gergaji Pita Agar Tetap Awet

Tim kami sering menemukan kasus mata gergaji pita yang cepat tumpul & patah di berbagai workshop. Hal ini tentunya akan memperlambat produksi.

Masalah tersebut sebetulnya mudah untuk dihindari. Banyak tips & trik dalam menjaga agar mata gergaji pita Anda lebih awet. Selengkapnya baca pada artikel Menjaga agar Bandsaw Blade Anda Lebih Awet

Distributor Mata Gergaji Pita di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mata gergaji pita DoALL di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan bandsaw blade untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.