Cara Memilih Gergaji Pita Yang Tepat

Gergaji pita atau band saw merupakan salah satu tipe gergaji yang memiliki spesifikasi tersendiri. Gergaji pita bekerja dengan mata pisau menyerupai pita yang memanfaatkan dua silinder pergerakan. Tidak hanya memotong dalam bentuk lurus, gergaji pita juga bisa digunakan untuk memotong dalam beragam bentuk pola dengan rapi. Hal inilah yang membuat gergaji pita banyak digunakan pada industri, tak terkecuali para industri pengolahan kayu. Jika dibandingkan dengan gergaji manual, pemotongan menggunakan band saw atau gergaji pita akan lebih efektif.

Namun, gergaji pita tidak dapat sembarangan digunakan dimanapun. Hal ini karena bentuknya yang besar sehingga tidak mudah untuk dibawa-bawa. Gergaji pita juga memerlukan sumber listrik sebagai tenaga operasionalnya. Gergaji pita mempunyai berbagai ukuran, mulai dari ukuran 12 inch hingga 52 inch sesuai dengan fungsinya.

Fungsi Gergaji Pita (Band saw)

Band saw memiliki ragam fungsi dan manfaat sesuai dengan kebutuhan penggunanya, misalnya saja:

1. Membelah material kayu, logam, besi, dll.
2. Membuat ukiran di bagian pinggir material
3. Membelah secara cross cut, horizontal, maupun sisi

Kenapa Harus Menggunakan Band Saw?

Bagi industri seperti pengolahan logam atau kayu, penting bagi Anda untuk menggunakan band saw untuk kebutuhan sebagai berikut:

1. Memotong material kayu yang besar, seperti kayu log
2. Memotong material yang ukurannya sangat lebar
3. Memotong material yang memanjang horizontal
4. Membuat ukiran di pinggir logam atau kayu
5. Membuat potongan lebih rapi, seragam, dan rata
6. Membuat potongan yang materialnya memiliki celah yang sangat kecil

Perlu dipahami, meskipun pekerjaan diatas bisa digunakan dengan gergaji biasa, namun Anda membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga yang tidak sedikit. Dengan memanfaatkan gergaji pita, Anda bisa menghasilkan pekerjaan yang lebih cepat, rapi, dan efisien.

Perhatikan Ini Saat Menggunakan Band Saw

Dalam penggunaan gergaji pita, ada beberapa hal yang harus diutamakan seputar keamanan dalam bekerja, seperti berikut ini:

  1. Menggunakan sepatu yang aman sesuai standar (safety shoes).
  2. Menggunakan Sarung tangan supaya terhindar kecelakaan kerja seperti terjepit dengan objek potong.
  3. Kacamata untuk menghindari serpih material yang berterbangan ke arah mata.
  4. Helm pelindung yang berfungsi untuk melindungi bagian kepala dari resiko tertimpa objek atau terbentur band saw saat bekerja.

Lalu Bagaimana Cara Memilih Band Saw Yang Tepat?

Seperti yang kita ketahui bahwa bandsaw memiliki beberapa jenis diantaranya seperti untuk material batu, kayu, logam, besi, atau bahan sintetis. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara memilih bandsaw yang perlu Anda perhatikan:

  • Perhatikan Kuantitas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kuantitas. Misalnya semakin besar gigi yang dimiliki akan semakin baik dengan ketebalan dinding yang dipotong.

  • Gunakan Band Saw Sesuai Kegunaan

Pada umumnya pemakaian gergaji pita adalah untuk membelah kayu atau pohon, besi, atau plat. Selain itu, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk memotong dengan tingkat kemiringan, lengkungan dengan diameter tertentu.

  • Gunakan Band Saw yang Berkualitas

Nah, ini menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan. Jangan dengan alasan terburu-buru Anda membeli produk dengan asal. Hal ini sangat berbahaya mengingat mata gergaji yang berputar secara terus menerus dapat mengakibatkan kecelakaan kerja apabila terjadi kerusakan maupun kelalaian.

Itulah beberapa tips dan cara memilih band saw yang tepat untuk Anda gunakan. Pilihlah produk band saw yang berkualitas dari produsen yang terpercaya  untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Sedang mencari band saw atau gergaji pita? 

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan band saw blade berkualitas untuk beragam kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas, Anda dapat menghubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.