Cara Mendapatkan Coating Terbaik Pada Proses Produksi

Mengingat sebuah industri wajib untuk mengikuti standar kualitas dari pengecatan yang dilakukan, pengujian pada proses pengecatan sangatlah diperlukan. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hasil pengecatan Anda hasilnya kurang memuaskan padahal sudah menggunakan cat terbaik?

Perlu diketahui bahwa h
al yang menentukan hasil pelapisan cat tidak hanya ditentukan oleh jenis cat yang digunakan. Tetapi juga oleh parameter aplikasi cat seperti ketebalan lapisan cat dan besarnya nilai kekasaran permukaan substrat yang dihasilkan, lalu faktor kondisi lingkungan dimana substrat ditempatkan hingga persiapan permukaan sebelum pelapisan juga perlu diperhatikan. 
 

Agar terhindar dari pengecatan yang gagal, kami memiliki beberapa tips bagi Anda untuk mendapatkan hasil pengecatan terbaik:  

    

Hal yang pertama sebelum mulai mengecat adalah mengukur kekasaran permukaan benda yang akan di cat. Apabila permukaan benda terlalu halus maka cat akan menjadi mudah terkelupas, dan apabila permukaan benda terlalu kasar maka cat yang digunakan menjadi boros. Alat uji Surface Profile Gauge dapat digunakan untuk mengukur kekasaran permukaan pada benda.

 

  

Ketika permukaan benda yang akan di cat sudah memenuhi standar, maka selanjutnya adalah memastikan tempat yang akan digunakan untuk proses pengecatan tidak terlalu lembab. Suhu udara yang terlalu lembab akan menyebabkan munculnya titik-titik air pada hasil pengecatan yang membuat tekstur permukaan menjadi seperti kulit jeruk. Gunakan alat penguji Dew Point Meter untuk mengukur parameter iklim (environmental).

 

  

Setelah pengukuran kekasaran pada permukaan benda dan kelembapan sudah sesuai standar, maka barulah kita dapat melakukan pengecatan. Namun setelah selesai mengecat, pastikan Anda mengukur ketebalan cat dengan Coating Thickness Gauge untuk memastikan bahwa hasil pelapisan cat sudah sesuai standar. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya karat pada benda yang telah di cat.

 

  

Langkah terakhir adalah menguji kerekatan lapisan cat pada benda untuk mengetahui apakah cat mudah terkelupas atau mudah hilang akibat gesekan. Adhesion Tester adahal alat uji untuk mengukur kerekatan cat.

 

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan berbagai alat uji yang dibutuhkan dalam proses pengecatan demi mencapai kualitas standar yang ditentukan. Mulai dari pengujian ketebalan cat (Coating Thickness), suhu/iklim (Environmental), salt contamination, kekasaran permukaan (Surface Profile), kerekatan cat (Adhesi) dan masih banyak lagi.


 

Kami juga mengundang anda untuk ikut berpartisipasi pada Webinar kami yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas sekaligus memberikan solusi bagi anda yang menginginkan hasil maksimal dari proses pengecatan. Selain itu, akan ada demo produk dan proses tanya-jawab bersama yang langsung dijawab oleh tim technical specialist dari Yakin Maju.

Setelah mengikuti seminar ini, peserta diharapkan akan memahami bagaimana mencapai kualitas pengecatan terbaik dengan empat tahap penting selain pengujian ketebalan cat dalam proses pengecatan.

WEBINAR

"How to Get The Best Coating in Production Process"
Tanggal : Selasa, 27 Oktober 2020
 14.00 via Zoom

>>> Klik disini untuk daftar webinar <<<

Pastikan Anda bergabung dalam Webinar Series ini. Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengetahui informasi terbaru tentang pengujian cat. Silahkan hubungi kami untuk pertanyaan maupun bantuan lebih lanjut. Temukan solusi yang sesuai untuk kebutuhan pengecatan Anda.