Circular Saw Blade - Definisi dan Jenis Mata Gergaji Circular

Circular saw blade memegang peran penting dalam proses penggergajian, salah satunya pada pengerjaan material logam (metal working). Mulai dari bentuk gigi, sudut pemotongan, hingga jarak antar gigi pada blade, perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Simak penjelasan mengenai circular saw blade pada artikel ini.

Apa Itu Circular Saw Blade?

Circular saw blade atau mata gergaji bundar / piringan adalah pemotong berbentuk bundar atau piringan dengan banyak gigi pada mesin circular saw, yang bekerja dengan gerakan berputar saat proses penggergajian.

Blade ini dapat digunakan untuk memotong berbagai macam material seperti besi, alumunium, kayu, batu, plastik, dan lain sebagainya.

Blade harus berukuran sesuai dengan badan gergaji dan dapat diganti dengan melepas klem baut. Sebagian besar mesin circular saw dilengkapi dengan blade berdiameter 7¼ inci dan motor yang menghasilkan daya sekitar 8-15 amp.

Bentuk Gigi Pada Circular Saw Blade

Banyaknya bentuk gigi pada circular saw blade yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun semuanya merupakan hasil dari pencarian solusi untuk aplikasi unik atau pengerjaan material tertentu. 

Setiap bentuk khusus memberikan tekanan permukaan kontak yang berbeda dalam proses pemotongan. Bentuk pertama yang dikembangkan adalah bentuk flat top dan alternate top bevel. 

Kedua bentuk ini digunakan untuk pemotongan kayu padat, meskipun keduanya diakui mampu bekerja dengan baik pada material lainnya di bawah kondisi yang tepat. Kedua bentuk gigi blade ini praktis, efisien dan lebih murah untuk diproduksi dan dirawat daripada kebanyakan bentuk lainnya, mengingat bentuknya yang unik dan sederhana.

Terdapat empat bentuk gigi circular saw blade kinkelder :

  1. Tipe BW

Semua gigi dari bentuk gigi BW dimiringkan secara bergantian. Bentuk ini paling cocok untuk memotong tabung baja light gauge dan bagian pada mesin manual dan semi otomatis yang terbuat dari baja atau logam non-ferrous.. Pitch gigi 4 mm atau lebih kecil.

  1. Tipe HZ

Bentuk gigi HZ paling cocok untuk memotong padatan dan tabung berdinding tebal. Gigi yang kasar dibuat miring pada kedua sisinya dan antara 0,2 dan 0,3 mm lebih tinggi dari gigi finishing persegi. Pitch gigi lebih tinggi dari 4 mm.

  1. Tipe CB

Bentuk gigi CB (Chipbreaker) paling efektif untuk pemotongan tabung dan profil, terutama dengan bilah berlapis PVD. Gigi ini meminimalkan pembentukan duri (burr) bahkan pada tingkat pemotongan yang tinggi. Gigi ini membutuhkan motor yang lebih kuat dengan kecepatan tertinggi. Pada kecepatan tinggi, dinding tabung tidak boleh terlalu tipis.

  1. Tipe B

Bentuk gigi B digunakan untuk memotong pipa dan profil berdinding sangat tipis. Bentuk ini paling baik diaplikasikan untuk dinding tabung yang tipis.

Jenis-Jenis Circular Saw Blade

Mata gergaji circular umumnya dirancang agar mampu menghilangkan panas yang dihasilkan saat memotong material logam. Mata gergaji ini dapat digunakan untuk memotong pipa tembaga, aluminium flashing, pelapis aluminium, dan sebagian besar jenis logam besi dan logam non-besi lainnya, termasuk perunggu, kuningan, dan baja lembaran. 

Terdapat jenis-jenis blade yang dibedakan berdasarkan material logam yang dikerjakan.

1. HSS (High Speed Steel) Blade

HSS blade umumnya dirancang untuk pemotongan pipa, material besi padat, dan material logam non-besi. Mata gergaji HSS lebih keras dari mata gergaji baja dan bisa tetap tajam dalam waktu yang lama. Contoh produk dari HSS blade adalah sebagai berikut:

Kinkelder HSS Eclipse Kinkelder HSS Alpha

2. TCT (Tungsten Carbide Tipped) Blade

TCT blade ini memotong tabung baja dan material padat seperti baja tahan karat (stainless steel), baja karbon (carbon steel), dan baja perkakas (tool steel) dengan kecepatan jauh melebihi kecepatan yang didapatkan dengan mata gergaji HSS standar.

Blade berujung karbida ini umumnya dibuat dengan boron, kalsium, dan silikon, atau logam seperti kobalt, titanium, tantalum, atau tungsten. 

Contoh TCT blade untuk memotong tabung baja (stainless)

Kinkelder TCT Champion TL

Contoh TCT blade untuk aplikasi flying cut off

Kinkelder TCT Speedmaster

Contoh TCT blade untuk memotong baja padat

Kinkelder TCT CX 6-S

 

3. Segmental Blade

Mata gergaji segmental terdiri dari baja CrV (Chrome Vanadium) dengan segmen gigi yang diperkeras, yang dipasang dan diamankan dengan rivet. Proses konstruksi ini memungkinkan Anda mengganti satu atau lebih segmen dari segmental blade jika giginya rusak atau jika ada segmen yang patah. 

Kinkelder Segmental Saw Blade

Kinkelder merancang mata gergaji bundar segmental dengan diameter 250 mm - 1610 mm dengan spesifikasi berikut.

 

Spesifikasi standar

Material

M2 = DIN 1,3343

M 35 = DIN 1,3243

(5% Cobalt)

Bentuk gigi

CB, HZ, BW

Sudut pemotongan

18°/ 8°

Kekerasan

63-65 HRC

4. Friction Blade

Friction blade tersedia dalam baja CrV (Chrome Vanadium) atau TM (Tungsten Manganese) dengan diameter blade antara 200-1200 mm. Blade ini direkomendasikan untuk pemotongan pipa baja dan bagian struktural pada suhu di bawah 250 derajat Celcius.

Kinkelder Friction Saw Blade

Cara Memilih Circular Saw Blade

Kali ini kami akan sedikit share tentang hasil Trial (Uji Coba) yang perusahaan kami telah berikan di salah satu customer kami. Trial tersebut dilakukan demi menjalin hubungan baik dengan customer serta memberikan contoh real dari kualitas product yang kami jual.

Product yang kami uji coba adalah Kinkelder - HSS Eclipse (Circular Saw Blades) salah satu produk unggulan kami di bidang Sawing. Alat tersebut digunakan untuk teknik pemotongan Flying Cut-Off type Cold Saw dimana benda yang dipotong berupa pipa. Estimasi lifetime dari circular saw dengan tipe tersebut adalah +/- 3000 cut (pemotongan). Namun apa yang terjadi?

Silahkan baca artikel selengkapnya di Cara Memilih Circular Saw Blade

Cara Memasang Circular Saw Blade

Mungkin Anda telah terbiasa atau sudah tahu dengan cara pemasangan Circular Saw Blade, yang biasa dilakukan ketika maintenance rutin atau pemasangan pisau gergaji baru. Namun taukah Anda pemasangan yang salah dapat merusak pisau gergaji Anda?

Perlu Anda ingat sebelum memasang pisau gergaji apa pun ke mesinnya, pisau gergaji tersebut harus sudah diperiksa perihal kerusakan yang mungkin terjadi selama pengiriman, penanganan, atau penggunaan sebelumnya.

Baca langkah-langkah memasang circular saw blade pada artikel Cara Memasang Circular Saw Blade

Cara Memperpanjang Usia Saw Blade

Kerusakan mendadak pada mata gergaji berbahan carbide yang paling sering terjadi biasanya pada bagian gerigi. Sedangkan mata gergaji berbahan HSS, kerusakannya ada pada saw blade itu sendiri.

Baca artikel yang membahas tentang penyebab kerusakan pada saw blade dan cara mengatasinya pada artikel Cara Memperpanjang Usia Saw Blade

Distributor Circular Saw Blade di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi produk Kinkelder Circular Saw Blade di Indonesia. Untuk melayani minat Anda pada Kinkelder Circular Saw Blade, silahkan hubungi kami.