Updated 23 Agustus 2023

Cooling Panel Anda Tidak Dingin? Ini Penyebabnya!

Dalam lingkungan pabrik , ada beberapa masalah yang sangat umum dan bahkan sering terjadi yaitu heat problem pada mesin atau listrik yang memang harus nyala 24 jam non stop. Selain itu masalah lain yang selalu berdampak pada Kesehatan pekerja pabrik pada umumnya adalah debu, gas yang bercampur bahan kimia dan juga asap.

Baik Panel Mesin ataupun Panel Listrik yang tidak memiliki pendingin cenderung memiliki lifetime yang lebih rendah. Oleh karena itu Cooling Panel sangat dibutuhkan.

Prinsip kerja dari Cooling panel cukup sederhana yaitu memindahkan panas, debu dan asap dari dalam keluar panel dan mendistribusikan aliran udara dingin yang stabil ke dalam panel.

Cooling Panel Anda Tidak Dingin?

AC Panel yang tidak dingin akan membuat kinerja control panel menjadi panas sehingga performa mesin menjadi berkurang. Hal ini akan sangat merugikan dan mengganggu aktivitas produksi karena akan sangat menyita waktu untuk menanganinya.

Berikut penyebab cooling panel tidak dingin:

  • Filter Kotor

  • Coil Condensor Kotor

Kedua penyebab diatas dapat diatasi dengan selalu mengecek dan membersihkan secara berkala, ada baiknya 3 sampai 6 bulan.

  • Pintu Control Panel yang Terbuka

Udara dingin yang dikeluarkan Cooling Panel harus tersikulasi dengan sempurna didalam control panel, Ketika pintu lupa ditutup ataupun tidak tertutup rapat maka udara dingin akan terbuang percuma keluar control panel.

  • Kapasitas Cooling Panel Kurang

Hal ini terjadi dikarenakan pada saat pembelian cooling panel hanya berdasarkan besar kecilnya sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Sehingga diperlukan pengukuran dimensi panel mesin Anda (panjang x lebar x tinggi) untuk menentukan tipe AC panel yang cocok dengan kapasitasnya.

Untuk mempermudah perhitungan diatas, Dindan menghadirkan apps Dindan_HeatLoad yang dapat Anda unduh di playstore.

Selalu cek dan periksa kebersihan Cooling panel ya supaya performa mesin kita tetap terjaga sehingga tidak menghambat proses produksi.

Bersihkan juga secara berkala bagian vital pada Cooling panel ya seperti Filter AC Panel, blower fan, Condensor & evaporator Coil atau bila perlu dilakukan pencucian unit AC panel dengan meminta bantuan teksnisi dari distributor tempat membeli AC panel. Untuk informasi selengkapnya mengenai 3 Level Preventive Maintenance AC Panel bisa Anda tonton disini:

 

Distributor Cooling Panel di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi AC Panel Dindan di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan AC panel, silahkan hubungi tim kami. Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.