Apa itu Dot Peen Marking?

Dot peen marking atau dot pin marking adalah suatu proses menancapkan stylus yang dikendalikan secara elektromekanik pada permukaan suatu bagian benda kerja. 

Mesin dot peen marking (dot peen marking machines) adalah sejenis mesin stamping yang bekerja secara elektromekanik dengan gerakan stylus yang bolak-balik sehingga menciptakan lekukan pada produk Anda. 

Dengan mesin ini, Anda akan mendapatkan hasil berupa serangkaian titik-titik yang tertekan ke bawah permukaan, dengan ukuran, jarak, serta bentuk titik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.  

Fungsi Dot Peen Marking

 

Dot peen marking berfungsi untuk menandai suatu bagian dengan pola titik-titik, dimana hasil akhirnya dapat berupa angka, teks, logo, dan kode matriks data 2D. Hasil tersebut dapat diselesaikan hanya dalam hitungan detik, tergantung pada ukuran part Anda.

Jenis - Jenis Mesin Dot Peen Marking

Berdasarkan penggunaannya, mesin dot peen marking terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Mesin Dot Peen Column Mounted atau Benchtop

SIC Marking Dot Peen Marking Machine E10 C153

Mesin dot peen column mounted atau mesin dot peen benchtop adalah mesin yang beroperasi dengan daya yang tinggi dan kecepatan yang ekstrim, sehingga membuatnya sangat akurat. 

Mesin ini menggunakan teknologi elektromagnetik dan dapat mengerjakan benda kerja dengan bentuk, ukuran, dan permukaan yang beragam, contohnya pada permukaan yang datar, cekung, ataupun cembung.

2. Mesin Dot Peen Portable

SIC Marking Portable Marking Gun E10 P123    

Mesin dot peen portable atau handheld dot peen machine adalah mesin dot peen yang mudah dibawa dan ringan. Mesin ini dapat menandai produk berukuran besar dengan mudah, hanya dengan menggenggam mesin lalu menekan sebuah tombol.

Plat di depan mesin berbentuk kotak dengan bahan aluminium yang kokoh dan dirancang khusus berbentuk melengkung untuk mengoptimalkan proses marking pada permukaan datar atau silinder, baik pada bahan logam maupun plastik. 

3. Mesin Dot Peen Terintegrasi

SIC Marking Dot Peen Marking Head e10 R i53

Mesin dot peen terintegrasi (integrated dot peen marking machine) adalah mesin yang beroperasi secara otomatis dengan bantuan perangkat lunak bawaan atau menggunakan perangkat lunak yang kompatibel dari Windows/Mac.

Mesin jenis ini dapat tahu operasi apa dan kapan waktu yang tepat untuk memulai operasi, tanpa perlu Anda atur secara manual. Mesin ini juga memiliki desain yang ringkas, ramping serta mudah dipasangkan pada mesin lainnya.

Cara Kerja Dot Peen Marking

Mesin dot peen marking bekerja dengan menggunakan sebuah stylus atau pin yang digerakkan secara pneumatikuntuk mencap (peen) permukaan benda kerja sehingga membentuk serangkaian titik-titik. 

Stylus bergerak dalam arah X dan Y untuk menghasilkan serangkaian titik dengan sangat tepat pada resolusi 0,025 mm. Anda dapat mengontrol kualitas dan kedalaman marking dengan membuat penyesuaian pada pengaturan marking, tekanan udara, jarak titik, dan jarak bebas antara stylus dan permukaan benda kerja.

Baca artikel selengkapnya di artikel Cara Kerja Dot Pen Marking 

Distributor Dot Peen Marking di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi produk SIC Marking di Indonesia, kami menyediakan berbagai mesin marking sesuai dengan kebutuhan Anda. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi seputar produk mesin marking.
 
Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.