Jenis-jenis Bore Gauge di Indonesia dan Kegunaannya

Apa Itu Bore Gauge?

Bore Gauge adalah alat ukur penting yang digunakan untuk mengukur diameter internal lubang bor (simply holes). Pengukuran ini sering digunakan dalam perawatan rutin peralatan dengan tujuan memeriksa keausan part/suku cadang agar operator mengetahui kapan mereka harus mengganti peralatan mereka.

Meskipun sama-sama digunakan untuk memeriksa lubang, Bore Gauge dan Plug Gauge memiliki fungsi yang berbeda. Ketika Bore Gauge mengukur ukuran lubang, Plug Gauge digunakan untuk memeriksa keakuratan lubang. Ini berarti bahwa Plug Gauge memeriksa untuk melihat apakah diameter internal berada dalam toleransi yang ditentukan untuk memastikan keakuratannya.

Jenis-jenis Bore Gauge

1. Telescopic Bore Gauge

Teleskopik Bore Gauge adalah salah satu pilihan yang lebih murah meskipun mengukur dengan Bore Gauge jenis ini lebih sulit. Setelah pengukur dimasukkan ke dalam lubang dan dikunci di tempatnya, pegangan digoyang untuk mengekstrak diameter lubang yang tepat. Gerakan goyang ini menekan dua landasan yang memberikan dimensi lubang, yang tetap di tempatnya. Landasan kemudian diukur menggunakan alat lain seperti mikrometer atau caliper untuk membaca pengukuran dari Bore Gauge yang terkunci.

Karena Teleskopik Bore Gauge sangat bergantung pada penanganan operator, kesalahan manusia (human error) dapat menghambat keakuratan pengukuran yang dikumpulkan.

2. Small-Hole Gauge

Cara kerja pengukur lubang kecil (small-hole bore gauge) sedikit berbeda dari teleskopik dan penggunaannya lebih disukai saat mengukur lubang kecil. Small-hole Gauge dimasukkan ke dalam lubang dan perlahan-lahan disesuaikan sampai tekanan terasa ringan. Kemudian diukur menggunakan mikrometer atau caliper.

3. Dial Bore Gauge

Dibandingkan dengan Teleskopik Bore Gauge dan Small-Hole Gauge, Dial Bore Gauge mampu melakukan fungsi yang sama untuk mengukur lubang tetapi dengan pendekatan yang lebih langsung. Dial Bore Gauge bekerja dengan memutar kenop untuk memperpanjang dan menarik kembali tiga anvil yang mengarah keluar dari badan gauge. Ketika anvil diperpanjang agar sesuai dengan ukuran lubang, pembacaan pengukuran akan dikirim ke mekanisme dial untuk dibaca.

Perlu diperhatikan juga bahwa Dial Bore Gauge harus dikalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

4. Digital Bore Gauge

Jenis Bore Gauge yang paling canggih adalah Digital Bore Gauge yang dihubungkan dengan kabel ke pembacaan atau bergantung pada teknologi nirkabel (wireless) untuk membaca dan mengirimkan data.

Bore Gauge ini dilengkapi dengan dua hingga tiga anvil untuk mengukur dengan presisi dan beberapa bahkan dapat memiliki lampiran ekstensi untuk mengukur lubang yang lebih luas dan dalam. Variasi dalam desain Digital Bore Gauge memungkinkan beberapa dipasang dengan pegangan agar terlihat seperti pistol atau caulking gun.

Bowers - Brand Alat Ukur Industri Yang Andal

Bowers Group merupakan perusahaan asal Inggris yang menyediakan solusi metrologi yang handal dengan inovasi dan teknologi terkini. Bowers Group juga menawarkan produk unggulan dari banyak perusahaan metrologi terkemuka, seperti Trimos, Sylvac, Moore & Wright, Gagemaker, dan Wyler.

Hingga saat ini, produk Bowers telah didistribusikan ke berbagai negara di dunia melalui jaringan distributor yang luas. Termasuk di Indonesia, dimana PT Yakin Maju Sentosa sebagai salah satu distributor resminya.

 

Kelebihan Bowers Dibandingkan Brand Lainnya

Bowers menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan merk lain di industri metrologi.

Pertama, dari segi kualitas. Berdiri sejak tahun 1915, Bowers dikenal dengan produk-produknya yang memenuhi standar industri metrologi. Bowers juga menggunakan teknologi terkini untuk memastikan ketepatan pengukuran. Selain itu, Bowers juga telah memiliki banyak pengalaman yang luas dalam menyediakan solusi pengukuran yang handal. Sehingga tidak diragukan lagi, banyak pengguna profesional dan industri mengandalkan brand Bowers untuk kebutuhan metrologi di perusahaan mereka.

Kedua, akurasi yang tinggi. Produk Bowers telah teruji untuk memastikan akurasi pengukuran yang tinggi. Sehingga memiliki toleransi yang ketat dan memberikan hasil yang konsisten dan dapat diandalkan.

Produk Bowers Yang Dijual di Indonesia

1. Digital Bore Gauge XT3 with Bluetooth

Bore gauge tipe ini dapat digunakan untuk pengukuran ulir, spline, alur, slot, lubang dalam (deep-holes), serta aplikasi lainnya. Tampil dengan desain layar LCD yang lebih besar dan sudah dilengkapi dengan IP67 juga Bluetooth.

2. XT500 Large Diameter 3-Point Bore Gauge with Bluetooth

Bowers XT500 mengukur diameter internal dengan ukuran 300-500 mm. Didesain dengan pembacaan digital, XT500 memastikan bahwa tekanan pengukuran tetap konstan dalam akurasi 15 m untuk aplikasi fabrikasi dan perbaikan combustion chamber, pipa dan tabung minyak dan gas, aerospace, pneumatic chamber, mekatronik dan banyak lagi.

3. Digital Lever Bore Gauge XTL Series

Bowers Digital Lever Bore Gauge XTL memiliki anvil carbide yang tahan pakai dan mampu mengukur diameter hingga 100 mm pada lubang vertikal, combustion chamber, pipa, sistem knalpot silinder dan ban dalam.

4. Ultima Bore Gauge Sets

Ultima Bore Gauge menyediakan pilihan resolusi hingga 0,0001mm. Tipe ini juga menawarkan operasi lever yang sederhana dengan gaya pengukuran konstan. Ini memastikan kemudahan penggunaan dan pengulangan (repeatability).

>>> Lihat Produk Lainnya Disini <<<

 

Distributor Bore Gauge di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi Bore Gauge di Indonesia. Kami akan membantu Anda untuk lebih memahami bore gauge yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang bore gauge untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami. Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.

 

PT Yakin Maju Sentosa mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri Event kami yang akan diadakan pada:
 
Tanggal: Selasa, 22 Agustus 2023 
Waktu: 13.00 s/d 15.00 WIB
Tempat: Showroom PT Yakin Maju Sentosa (Karawang Sentra Bizhub)
Jl. Teluk Jambe Raya Blok C No. 15
 
Principal kami sebagai pembawa acara akan membahas tentang solusi metrologi yaitu Height Gauge dan Bore Gauge dari brand asal Swiss yang cocok diaplikasikan pada industri yang membutuhkan alat ukur dengan akurasi tinggi pada part yang kompleks/sulit.
  • Peralatan metrologi dengan waktu pemeriksaan (inspeksi) lebih cepat & tingkat pengambilan sampel lebih tinggi
  • Spesial produk untuk pengukuran otomotif yang sulit
  • Bore Gauge untuk aplikasi otomotif
Anda juga dapat membawa sample part yang ingin di test menggunakan Height Gauge & Bore Gauge maupun alat ukur lainnya yang di display di showroom kami. 
 
 

>>> Klik Disini Untuk Registrasi Event <<<