Jenis Tap Drill Berdasarkan Tipe Ulirnya

Ada banyak tipe Tap untuk membuat ulir. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas jenis tap berdasarkan tipe ulirnya. Apa sajakah itu? Yuk baca selengkapnya penjelasan dibawah ini.

Mengenal Jenis-Jenis Tap

  • Straight Full Tap

Straight Flute Tap adalah jenis pahat ulir yang paling umum digunakan. Terbuat dari bahan seperti HSS dan Carbide. Tap tipe ini terbagi menjadi 2 yaitu dengan shank pendek dan shank panjang. Straight Flute Tap dengan shank panjang digunakan untuk lubang yang tembus.

Ulir lubang tembus

  • Spiral Flute Tap

Spiral Flute Tap umumnya digunakan untuk mengebor lubang tertutup dalam proses machining CNC. Ada spiral flute taps dengan spiral kiri dan spiral kanan yang utamanya dikembangkan untuk menyelesaikan pemutaran ulir di lubang dalam.

Ulir lubang tidak tembus

  • Fluteless Tap/Forming Tap

Proses pembuatan ulir dengan Forming tap adalah dengan menggulung atau mencetak material menjadi sebuah ulir. Kelebihan dari forming tap ini adalah tanpa chip dan ulir yang dihasilkan lebih keras daripada pembuatan ulir dengan tap biasa.

Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu anda dalam mengenal jenis-jenis Tap Drill berdasarkan tipe ulirnya dan Tap Drill tool yang tepat sesuai fungsinya.

Distributor Tap Drill di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor Tap Drill di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan Tap Drill berdasarkan tipe ulir yang sesuai untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.