laser cleaning vs sandblasting

Laser Cleaning vs Sandblasting, Manakah yang Lebih Efisien?

Kedua teknologi pembersihan permukaan - yang satu telah teruji waktu dan digunakan secara luas, dan yang lainnya inovatif dan muncul.

Laser cleaning dapat digunakan untuk tujuan yang sama seperti sandblasting dalam hal menghilangkan kontaminan. Namun, kedua teknologi pembersihan ini memiliki keunggulannya masing-masing tergantung pengaplikasiannya.

Apa itu Laser Cleaning?

Laser cleaning

Laser cleaning (laser cleaner) adalah metode metode pembersihan permukaan material dari kontaminan secara non-kontak dan non-destruktif (tidak merusak). Laser cleaning dapat secara selektif menguapkan bagian permukaan yang diinginkan dan tidak memerlukan media abrasif atau bahan kimia. 

Sinar laser dengan cepat mengeluarkan atau menguapkan kontaminan secara paksa, disebut dengan ablasi. Dengan menyesuaikan intensitas laser tepat di atas ambang ablasi kontaminan, hanya kontaminan yang akan terkelupas, sedangkan material logam di bawahnya tidak akan rusak.

Fungsi Mesin Laser Cleaning

Dengan menggunakan mesin laser cleaning, Anda dapat membersihkan lapisan karat (rust) pada logam, kotoran minyak, lapisan cat (coating), debu, lapisan oksida, las (weld seam), dan kotoran pada karet ban. 

Selain untuk membersihkan kontaminan, mesin laser cleaning juga dapat digunakan pada saat coating preparation, welding / brazing preparation, dan proses persiapan material lainnya.

Apa itu Sandblasting?

sandblasting

Sandblasting (sand blasting) adalah metode pembersihan permukaan material dari kontaminan seperti karat, coating, dan lainnya secara paksa dengan cara menggunakan media atau partikel abrasif yang ditembakkan dengan kecepatan tinggi. 

Berbagai macam partikel dapat digunakan, dari mineral hingga kulit kenari, dicampur dengan air atau kering, dan didorong oleh udara atau spinning wheel. Teknologi ini sudah banyak digunakan sejak dulu dan telah digunakan secara luas untuk tujuan aplikasi yang berbeda.

Keunggulan dari Metode Sandblasting

Sandblasting dapat membersihkan permukaan dengan kontaminasi yang sangat tebal dan besar dengan cepat. Selain itu, permukaan yang kasar hasil dari sandblasting pada beberapa kondisi diperlukan agar lapisan coating menempel lebih baik setelah dibersihkan.

Namun, sandblasting membutuhkan pasir atau partikel lainnya sebagai bahan utama. Selain itu, pengguna atau operator mesin sandblasting perlu menggunakan alat pelindung diri (APD) dan ruangan khusus serta pengerjaannya perlu dilakukan dengan sangat hati-hati agar debu pasir yang timbul tidak mengenai kulit, masuk ke mata, mulut, atau terhirup ke paru-paru. 

Keunggulan dari Laser Cleaning

Laser cleaning tidak membutuhkan bahan atau media apapun untuk membersihkan material, serta tidak menghasilkan limbah karena kontaminan yang dibersihkan akan menguap setelah mengenai sinar laser. Namun pengguna atau operator mesin laser cleaning tetap perlu menggunakan kacamata laser dan sarung tangan untuk menghindari radiasi dari sinar laser.

Kelebihan lainnya dari mesin laser cleaning adalah tidak menyebabkan keausan pada lapisan kerja Anda. Cahaya sinar laser tidak merusak lapisan kerja Anda, tetapi hanya pada lapisan terkontaminasi di atasnya. Sedangkan pada proses sandblasting, butiran pasir yang tajam bisa mempengaruhi kerusakan pada lapisan kerja Anda.

Metode Mana Yang Lebih Efisien?

Metode pembersihan sandblasting telah teruji waktu dan dapat bekerja dengan baik untuk membersihkan area yang luas dan sangat terkontaminasi. Namun metode ini memiliki resiko bahaya dan kerugian yang tinggi, seperti menyebabkan permukaan yang dibersihkannya menjadi menipis dan operatornya membutuhkan safety yang tinggi. Sedangkan pembersihan dengan laser cleaning, pengerjaan lebih hemat biaya, aman, tidak terlalu merusak, dan hampir tidak menghasilkan limbah.

Contoh Produk Mesin Laser Cleaning

  1. MRJ Portable Laser Cleaning Machine

MRJ Portable Laser Cleaning Machine

  1. MRJ Portable Fiber Laser Cleaning Machine FL - C60D

MRJ Portable Fiber Laser Cleaning Machine FL - C60D

Laser Cleaning, Cara Tepat Bersihkan Karat

Laser Cleaning Machine menawarkan efisiensi dan stabilitas pembersihan yang tinggi dengan fitur spiral cleaning mode yang membuat permukaan pembersihan lebih merata tanpa merusak material aslinya. Desain laser yang sederhana dan otomatis juga memberikan kemudahan dalam pengoperasiannya. Selain untuk membersihkan karat, MRJ Laser Cleaning Machine juga dapat diaplikasikan untuk membersihkan debu pada permukaan patung, serta menghapus cat atau minyak kotoran. Tersedianya berbagai pilihan laser power (60W, 100W, 120W, 200W, 500W, 1000W) memudahkan Anda mengaplikasikannya sesuai kapasitasnya. Silahkan tonton video kami di Youtube untuk review lengkapnya:

Distributor Mesin Laser Cleaning di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mesin laser cleaning di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan laser cleaning untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.