Mengenal Lebih Dekat Alat Ukur Bore Gauge

Untuk solusi pengukuran Bore Gauge yang paling produktif dan efisien, memilih pengukur yang tepat untuk aplikasi Anda pada akhirnya akan menghemat banyak dan meningkatnya akurasi. Untuk memulai proses pemilihan, sangat penting untuk meninjau bagaimana Anda mengumpulkan dan merekam data pengukuran. 

Apa itu Bore Gauge?

Bore Gauge adalah alat ukur penting yang digunakan untuk mengukur diameter internal lubang bor (simply holes). Pengukuran ini sering digunakan dalam perawatan rutin peralatan dengan tujuan memeriksa keausan part/suku cadang agar operator mengetahui kapan mereka harus mengganti peralatan mereka. 

Saat menggunakan Bore Gauge, dasar Bore Gauge akan dimasukkan ke dalam bukaan lubang yang diinginkan dan disesuaikan agar pas dengan diameter bukaan. Tergantung pada jenis Bore Gauge, metode penyetelan dan penggunaan mungkin berbeda tetapi pada umumnya semua memiliki fungsi yang sama.

Anda mungkin pernah mendengar sebelumnya tentang Plug Gauge dan mungkin bertanya-tanya apa perbedaan antara Bore Gauge dan Plug Gauge. Ketika Bore Gauge mengukur ukuran lubang, Plug Gauge digunakan untuk memeriksa keakuratan lubang. Ini berarti bahwa Plug Gauge memeriksa untuk melihat apakah diameter internal berada dalam toleransi yang ditentukan untuk memastikan keakuratannya. Plug Gauge harus dapat masuk ke dalam lubang tanpa menggunakan banyak tekanan dan tetap berdiri di dalam lubang tanpa terjatuh. Yang paling umum, Plug Gauge akan memiliki dua ujung, satu dipasang ke batas bawah lubang dan yang satunya lagi ke batas yang lebih tinggi.

 

Ojiyas Thread Plug Gauge

       

Ojiyas NPT Thread Plug Gauge

       

Ojiyas Master Plug Gauge

       

Ojiyas Limit Plug Gauge

           

Jenis-jenis Bore Gauges

Ada banyak variasi Bore Gauge di pasaran. Kategori utama yang termasuk dalam Bore Gauge adalah teleskopik, small-hole, dial, dan digital.

 
     

Teleskopik Bore Gauge

Teleskopik Bore Gauge adalah salah satu pilihan yang lebih murah meskipun mengukur dengan Bore Guage jenis ini lebih sulit. Setelah pengukur dimasukkan ke dalam lubang dan dikunci di tempatnya, pegangan digoyang untuk mengekstrak diameter lubang yang tepat. Gerakan goyang ini menekan dua landasan yang memberikan dimensi lubang, yang tetap di tempatnya. Landasan kemudian diukur menggunakan alat lain seperti mikrometer atau caliper untuk membaca pengukuran dari Bore Gauge yang terkunci. Karena Teleskopik Bore Gauge sangat bergantung pada penanganan operator, kesalahan manusia (human error) dapat menghambat keakuratan pengukuran yang dikumpulkan.

 

Small-Hole Gauge

Pengukur lubang kecil bekerja sedikit berbeda dari Teleskopik Bore Gauge dan penggunaannya lebih disukai saat mengukur lubang kecil. Terdapat 2 tipe, yaitu Half-Ball dan Full-Ball. Small-Hole Gauge dimasukkan ke dalam lubang dan perlahan-lahan disesuaikan hingga tekanan ringan terasa. Ini kemudian dihapus dan diukur dengan mikrometer atau caliper. Umumnya, Full-Ball Gauge lebih mudah diatur dan dirawat dibandingkan dengan Half-Ball Gauge yang cenderung memiliki lebih banyak pegas yang dapat membuat pengukuran menjadi salah.

     
     

Dial Bore Gauge

Dibandingkan dengan Teleskopik Bore Gauge dan Small-Hole Gauge, Dial Bore Gauge mampu melakukan fungsi yang sama untuk mengukur lubang tetapi dengan pendekatan yang lebih langsung. Dial Bore Gauge bekerja dengan memutar kenop untuk memperpanjang dan menarik kembali tiga anvil yang mengarah keluar dari badan gauge. Ketika anvil diperpanjang agar sesuai dengan ukuran lubang, pembacaan pengukuran akan dikirim ke mekanisme dial untuk dibaca. Perlu diperhatikan juga bahwa Dial Bore Gauge harus dikalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sylvac S_Dial Bore Gauge CBG adalah tipe khusus dalam seri S_Dial Work mereka untuk digunakan pada silinder Bore Gauge. Setelah terpasang pada alat ukur internal, pembacaan pengukuran akan ditampilkan pada layar digital Sylvac S_Dial Work CBG yang dapat ditransfer dengan mudah melaui USB, RS232, dan teknologi nirkabel Bluetooth. Berbagai fungsinya termasuk tombol Preset Master yang dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Digital Bore Gauge

Jenis Bore Gauge yang paling canggih adalah Digital Bore Gauge yang dihubungkan dengan kabel ke pembacaan atau bergantung pada teknologi nirkabel (wireless) untuk membaca dan mengirimkan data. Bore Gauge ini dilengkapi dengan dua hingga tiga anvil untuk mengukur dengan presisi dan beberapa bahkan dapat memiliki lampiran ekstensi untuk mengukur lubang yang lebih luas dan dalam. Variasi dalam desain Digital Bore Gauge memungkinkan beberapa dipasang dengan pegangan agar terlihat seperti pistol atau caulking gun.

Sylvac Bore Gauge XT Holematic

     

Sylvac X_Treme 3 BT Holematic

       

Contoh dari Bore Gauge yang menampilkan desain pistol adalah Sylvac Bore Gauge Pistol-grip X_Treme XTH dan Sylvac Bore Gauge Pistol-grip Xtreme 3 Holematic BT. Dengan rentang pengukuran 2 mm hingga 300 m, kedua model memiliki anvil tetap dan sertifikat UKAS untuk ring-nya. Perbedaan antara kedua model adalah bahwa Sylvac Bore Gauge Pistol-grip X_Treme XTH menggunakan kedekatan s_connect sedangkan Sylvac Bore Gauge Pistol-grip Xtreme 3 Holematic BT memiliki teknologi Bluetooth terintegrasi di atas kedekatan s_connect. Perbedaan lainnya terletak pada X_Treme XTH menghafal 3 nilai ring gauge dan Xtreme 3 Holematic menghafal 4 nilai ring gauge.

 

Sylvac Digital Bore Gauge X_Treme XTD

     

Sylvac X_Treme 3 BT

   

Sylvac Digital Bore Gauge X_Treme XTD dan Sylvac Digital Bore Gauge X_Treme 3 BT mirip dengan Bore Gauge yang disebutkan diatas sebelumnya kecuali kurangnya desain pistol. X_Treme XTD berada di bawah seri yang sama dengan Pistol-grip X_Treme XTH sedangkan Xtreme 3 BT mengikuti Pistol-grip Xtreme 3 Holematic BT.

Sedang mencari Bore Gauge? Klik disini untuk promo terbaik Sylvac 2021

 

Tips Seleksi Bore Gauges

Baik itu menggunakan two-point atau three-point alat pengukur kontak merupakan keputusan penting karena ada beberapa perbedaan. Mikrometer bagian dalam tipe batang two-point kontak biasanya lebih ringan, mudah ditangani, dan lebih fleksibel dalam rentang panjang sekitar 6 hingga 107 inci (150 mm - 2.700 mm). Dibandingkan dengan three-point kontak, mikrometer two-point kontak apapun terlepas dari jangkauannya, dapat menyelidiki lubang dengan lebih baik untuk menemukan geometri lubang itu.

Sebagian besar three-point kontak memiliki setting ring untuk memastikan akurasi. Jika tujuannya adalah toleransi yang sangat dekat bekerja dengan two-point kontak di dalam mikrometer, disarankan agar mereka disetel ke Ring Gauge atau mikrometer luar.

Mikrometer three-point kontak memiliki keuntungan karena dapat ditempatkan pada posisinya lebih cepat daripada two-point contact. Three-point kontak akan memberi tahu maksimum diameter sebenarnya yang dapat masuk ke lubang sedikit lebih cepat daripada two-point kontak. Kepala pengukur yang digunakan dalam alat ini akurat hingga 0,001 mm, meski begitu akurasi keseluruhan pada semua peralatan bergantung pada praktik dan teknik yang baik. Untuk itu, perhatikan hal-hal dibawah ini.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Bore Gauges:

  • Selalu pastikan tidak ada noda/kotoran diantara permukaan penjempit (clamping) pada batang dan kepala mikrometer

  • Kencangkan semua batang secara seragam dan konsisten, tidak terlalu kencang atau terlalu longgar, tetapi rakitan yang cukup kuat

  • Perakitan bagian panjang harus dilakukan secara vertikal atau dengan dukungan, horisontal

  • Karena suhu dapat mempengaruhi batang panjang yang digunakan dalam alat ini, batang harus dipasang di lingkungan yang sama dimana mereka akan digunakan.

 

Agar keaslian produk terjamin, pastikan Anda memperoleh Bore Gauges dari PT Yakin Maju Sentosa sebagai distributor resmi Sylvac di Indonesia. Anda juga dapat mengunjungi website kami untuk informasi mengenai produk Sylvac, atau hubungi kami untuk pertanyaan maupun bantuan lebih lanjut. Temukan solusi yang sesuai untuk kebutuhan inspeksi Anda.