bandsaw horizontal

Bagaimana Memilih Mesin Bandsaw Horizontal Yang Tepat

Mesin bandsaw (gergaji pita) hadir dengan 2 jenis, yaitu vertical bandsaw dan horizontal bandsaw. Mesin ini memiliki tujuannya masing-masing, sehingga perlu untuk mengetahui apa saja hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih mesin bandsaw. 

Berikut ini telah kami rangkum cara menentukan bandsaw horizontal yang tepat.

Apa itu Mesin Bandsaw Horizontal

Mesin bandsaw horisontal adalah mesin yang memiliki fungsi serbaguna dengan daya potong yang lebih besar, seperti digunakan oleh para profesional maupun amatir untuk memotong solid material berukuran besar. 

Sesuai namanya, prinsip kerja dari horizontal bandsaw adalah pemotongan secara horizontal. Oleh karena itu, bandsaw jenis ini tidak direkomendasikan untuk pemotongan yang rumit dan melengkung.

Pemotongan solid material dengan bandsaw horizontal

Perbedaan Mesin Bandsaw Horizontal dan Bandsaw Vertikal 

Perbedaan antara mesin bandsaw horizontal dan mesin bandsaw vertikal terletak pada blade atau bilahnya. Blade pada mesin bandsaw vertikal dipasang secara vertikal pada posisi tetap. Sedangkan pada mesin bandsaw horizontal, blade dipasang pada lengan (arm) yang bergerak.

Mesin bandsaw horizontal adalah pilihan yang tepat untuk memotong logam keras dan padat seperti material pipe, metal rod, flat bar, dan bentuk logam lainnya. Sedangkan bandsaw vertikal adalah lebih cocok untuk pemotongan lembaran logam atau logam lunak, contohnya untuk tujuan curve cutting atau scroll cutting. 

Perbedaan bandsaw horizontal dan vertikal

Bagaimana Cara Memilih Mesin Bandsaw  Horizontal 

1. Ukuran dan kapasitas

Saat memilih mesin bandsaw, penting untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan material yang dipotong. Misalnya, material yang ingin dipotong berdiameter 150 mm dan mesin Rong Fu RF-812 memiliki kapasitas pemotongan 200 mm pada sudut 0° dan 127 mm pada sudut 45°. 

Sebaiknya perkiraan ukuran material Anda dibuat sedikit lebih tinggi agar ketika memilih ukuran mesin, kapasitas potongannya tidak terlalu pas-pasan yang kemudian berpotensi menghambat proses pemotongan.

2. Sistem operasi mesin

Saat membeli mesin gergaji pita, penting untuk menentukan apakah Anda memerlukan mesin manual, mesin hydraulic lift, mesin semi-otomatis atau mesin yang sepenuhnya otomatis. 

Selain berpengaruh pada harga mesin, juga mempengaruhi lama proses pengerjaan. Mesin yang lebih mahal akan terangkat secara otomatis setelah pemotongan, sehingga menghemat waktu dan tenaga Anda jika workshop Anda memiliki produktivitas yang sangat tinggi.

3. Pemotongan Miter

Untuk beberapa proyek fabrikasi, fitur pemotongan miter atau mitre cutting akan membantu memberi Anda hasil yang lebih profesional. Terdapat bermacam-macam gergaji miting horizontal. 

Mesin bandsaw dengan pemotongan miter tunggal (single mitre cutting) dapat memotong pada sudut  ke arah positif (+30°, +45°, dan lain-lain). Sedangkan pemotongan miter ganda (dual mitre cutting) adalah fitur yang tepat untuk pemotongan yang harus dilakukan pada bahan non-simetris. Dual mitre bandsaw dapat memotong ke arah positif dan negatif (+60°, +45°, +30°, -30°, -45°, dan lain-lain).

4. Kecepatan Mata Gergaji Pita

Kecepatan blade sangat penting dalam menentukan mesin bandsaw yang Anda butuhkan. Mesin yang lebih murah umumnya memiliki 2 jenis kecepatan yaitu kecepatan lambat (±35 m per menit) dan kecepatan cepat (±70 m per menit). Kecepatan ini dapat diterapkan untuk material stainless steel dan mild steel. 

Namun, jika Anda memotong berbagai macam material, Anda sebaiknya memilih mesin dengan variator sehingga kecepatan blade dapat disesuaikan dengan jenis material logam yang dipotong.

Contoh Produk Horizontal Bandsaw

1. Behringer Semi-automatic Mitre Bandsaw HBE420-723G

Behringer Semi-automatic Mitre Bandsaw HBE420-723G

2. BEHRINGER HBM 540A Automatic Bandsaw

BEHRINGER HBM 540A Automatic Bandsaw

3. MEP Band Saw Machine SHARK 331 NC 5.0 SPIDER

MEP Band Saw Machine SHARK 331 NC 5.0 SPIDER

4. MEP Band Saw Machine SHARK 282 SXI EVO

MEP Band Saw Machine SHARK 282 SXI EVO

Distributor Mesin Bandsaw Horizontal di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi bandsaw machine di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan mesin bandsaw untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.