Pengecekan Profile Dies Untuk Kepala Baut

Menggunakan Plastiform dan Visual Measurement

Kali ini kami akan sedikit share bagaimana Yakin Maju Sentosa membantu proses pengecekan Profile Dies untuk kepala baut dengan menggunakan Plastiform dan selanjutnya diukur menggunakan pengukuran Visual

Apa Itu Plastiform?

Plastiform adalah bahan replika berbahan dasar silikon yang digunakan untuk membuat cetakan dengan presisi tinggi untuk aplikasi industri, contohnya saat quality control. Dengan produk ini, Anda dapat dengan mudah mengukur dimensi internal maupun eksternal part yang sulit untuk dijangkau.

Plastiform terdiri dari 2 komponen yaitu bahan dasar dan pengeras. Ketika bersentuhan satu sama lain, bahan ini akan berpolimerisasi dan mengeras, sehingga mereplikasi secara detail ukuran, geometri, dan tekstur permukaan tempat produk dituangkan dengan presisi ±1μm.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Plastiform, silahkan baca artikel berikut di link ini.

Pengecekan Profile Dies untuk Kepala Baut dengan Plastiform

Jadi, ada salah satu customer kami yang membutuhkan pengecekan sudut untuk surface profile kepala baut. Karena sudut surface profile kepala baut tersebut kecil dan sangat sulit dijangkau, sehingga tidak memungkinkan pengecekan dengan alat ukur.

Tim kami memberikan solusi pengecekan dilakukan dengan menggunakan Plastiform, karena Plastiform mampu menciptakan cetakan presisi tinggi dengan toleransi presisi ±1μm

Setelah dimensi cetakan Plastiform untuk surface profile dari kepala baut sudah didapat, selanjutnya customer kami membutuhkan verifikasi pengukuran pada surface profile. Dikarenakan hasil cetakan plastiform bersifat lembut, maka kita membutuhkan pengukuran non-contact yang cenderung tidak merusak cetakan. Oleh karena itu, untuk mencapai akurasi maksimum dalam pengukurannya, tim kami menyarankan pengukuran dengan menggunakan alat inspeksi optik (visual). Mengukur dengan inspeksi visual akan memastikan bahwa cetakan tidak bergerak sewaktu-waktu, dan oleh karena itu, dimensinya tidak akan berubah selama pemeriksaan.