Penting! Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Alat Uji Kekerasan Logam

Demi menjaga kualitas dan mutu produk yang dihasilkan, setiap jenis material yang dipakai pada proses industri harus diukur kekerasannya dengan cara melakukan uji kekerasan.

Hardness Tester adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kekerasan material seperti logam, plastik, besi dan lainnya. Nantinya, hasil dari uji kekerasan ini akan sangat membantu dalam menganalisa dan mengukur standar kualitas dari material tersebut. 

Mengapa Kekerasan Logam Harus Diukur?

Logam memiliki berbagai sifat mekanik salah satunya adalah kekerasan. Sifat kekerasan ini merupakan faktor penting bagi logam karena dapat digunakan untuk menentukan kemampuan logam untuk menahan tekanan dan gesekan. Berikut alasan lain mengapa kekerasan logam harus diukur:

  • Proses Produksi

Proses produksi logam dapat ditentukan dengan mengukur kekerasan logam terlebih dahulu, dengan begitu dapat menentukan proses pembentukannya dengan pengecoran, forging, atau metode lainnya

  • Kualitas Produk

Faktor terpenting dalam membuat produk adalah kualitas akhir produk tersebut. Dengan menguji kekerasan logam Anda dapat menentukan kualitas produk logam Anda, seperti ketahanan terhadap korosi, dan keausan

  • Standarisasi

Dalam industri pembuatan logam juga terdapat standar untuk produk logam tersebut seperti ASTM atau ISO. Mengukur kekerasan logam merupakan salah satu syarat untuk memenuhi standar tersebut

  • Pemeliharaan

Kekerasan logam dapat digunakan untuk menentukan tingkat pemeliharaan yang dibutuhkan pada suatu produk atau mesin selama masa pakainya.

 

Memilih Hardness Tester yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Hardness tester memiliki banyak jenis dengan metode pengujiannya masing-masing, berikut rangkuman kami mengenai 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih Hardness Tester yang sesuai dengan aplikasi Anda:

  • Metode Pengujian yang Akan Digunakan

Ada berbagai metode pengujian kekerasan, tergantung material yang akan diuji.  Misalnya, untuk melakukan pengujian dengan benda yang sangat tipis dan kecil Anda bisa menggunakan Vickers Hardness Tester dan untuk benda yang cukup tebal bisa menggunakan Rockwell atau Brinell Hardness Tester. Setiap metode tentunya menggunakan Hardness Tester yang berbeda, pastikan Anda memilih Hardness Tester dengan tingkat kekerasan yang sesuai dengan metode yang akan digunakan.

  • Kemudahan Penggunaan

Pilih alat uji kekerasan yang mudah digunakan dan dioperasikan. Pastikan alat tersebut dilengkapi dengan interface yang intuitif, jelas, dan mudah dipahami. Pelajari juga tentang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengukuran dan prosedur persiapan yang diperlukan. Semakin mudah alat digunakan, semakin efisien dan praktis dalam penggunaan sehari-hari.

  • Portabilitas

Jika Anda membutuhkan alat yang dapat digunakan di lapangan atau di berbagai lokasi, pertimbangkan keportabelan alat uji kekerasan tersebut. Periksa ukurannya, bobotnya, dan kemampuan untuk digunakan secara mobile. Alat yang ringkas, ringan, dan mudah dibawa akan menjadi pilihan yang baik jika Anda sering melakukan pengujian di tempat-tempat yang berbeda.

  • Akurasi dan Kualitas

Pastikan bahwa alat tersebut telah diuji dan diverifikasi untuk memberikan hasil yang andal dan konsisten. Hal ini juga bergantung pada permukaan yang akan diukur, seperti kebersihan, kedataran permukaan, sistem statis/dinamis, dan sebagainya.

  • Dukungan Teknis

Terakhir, selalu pastikan perusahaan tempat Anda membeli Hardness Tester menyediakan pelayanan after-sales service. After-sales service biasanya terdiri dari: tersedianya penyediaan spare part, bantuan support, garansi produk dalam waktu tertentu, garansi tukar barang, serta pelayanan perbaikan oleh tim yang bisa datang (service). Jadi berhati-hatilah sebelum membeli produk untuk perusahaan Anda. 

Distributor Hardness Tester di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa menyediakan berbagai varian Hardness Tester berkualitas yang setiap aplikasinya berbeda-beda, dengan didukung oleh layanan after-sales service dan professional engineer yang terhubung langsung dengan Principal kami. 

Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas, Anda dapat menghubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.