Pentingnya Laser Marking Untuk Keselematan Dalam Pembuatan Mobil Listrik

Seiring dengan berkembangnya kendaraan listrik melaju pesat, tingkat pengecekan keselamatan juga semakin ditingkatkan. Dalam proses pengecekan keselamatan ini, perusahaan biasanya menggunakan sistem Traceability (keterlacakan). Dalam industri otomotif, keterlusuran yang jelas dan lengkap dari komponen (part) yang relevan dengan keselamatan harus terjamin. 

Peran Laser Marking dalam Traceability

Disinilah laser marking bertugas untuk membuat semua tanda marking mulai dari 1D/2D Code, Serial Number, Logo, dan DataMatrix dengan hasil yang permanen (tidak akan terhapus/hilang). Tujuan pembuatan tanda marking ini adalah untuk traceability (keterlacakan) pada produk yang dihasilkan agar perusahaan dapat kembali melacak informasi pembuatannya apabila ada kesalahan bahkan kecelakaan pada mesin mobil dikemudian hari.

Berikut adalah alasan mengapa laser marking merupakan solusi ideal untuk traceability part automotive mobil listrik:

  • Mesin laser marking mampu menandai secara otomatis sehingga dapat menghemat waktu dan biaya

  • Efek penandaan dari laser marking tahan lama dan permanen

  • Titik laser sangat kecil mampu menandai bagian-bagian part yang sulit dijangkau

  • Penandaan dengan mesin laser marking menjamin presisi yang tinggi bahkan dengan detail yang rumit sekalipun.

 

Penandaan Laser di Industri Otomotif

Ada beberapa jenis marking yang digunakan dalam traceability part pada mesin mobil. Antara lain:

  • 1D Code

Barcode atau 1D Code mewakili data dengan menampilkan serangkaian garis vertikal dengan lebar bervariasi. Barcode dapat dibaca dengan pembaca barcode (barcode reader) RS232 yang dapat dihubungkan ken pengontrol. Barcode laser marking adalah cara yang paling efisien untuk menandai barcode yang mudah dibaca berkat presisi dan ketahanannya.

  • 2D Code (DataMatrix)

Penandaan kode matriks data 2D penting digunakan untuk proses traceability (ketertelusuran/lacak) otomatis. Kelebihan datamatrix yaitu kapasitasnya dalam menyimpan sejumlah data yang besar dan keandalannya dalam keterbacaan. Untuk menandai DataMatrix dapat menggunakan dot peen marking atau laser marking.

  • Engraving

Penandaan kode matriks data 2D penting digunakan untuk proses traceability (ketertelusuran/lacak) otomatis. Kelebihan datamatrix yaitu kapasitasnya dalam menyimpan sejumlah data yang besar dan keandalannya dalam keterbacaan. Untuk menandai DataMatrix dapat menggunakan dot peen marking atau laser marking.

  • Logo Marking

Penandaan logo dengan mesin laser marking berkualitas tinggi yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Anda dapat mengukir atau membuat hampir semua hal, bahkan desain yang paling rumit dapat ditandai pada objek dengan sangat mudah menggunakan teknologi canggih ini.

 

Contoh Laser Marking yang Digunakan Dalam Traceability Part

 

 

 

>>> Klik Untuk Informasi Produk Selengkapnya <<<

 

Distributor Mesin Laser Marking di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mesin laser yang ada di Indonesia. Kami akan membantu Anda untuk lebih memahami laser marking yang tepat sesuai kebutuhan traceability Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang laser marking untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.