Apa Itu Metalografi?

Metalografi (metalography) merupakan metode untuk menganalisa struktur mikroskopis atau mikrostruktur pada suatu material logam dengan menggunakan mikroskop optik maupun mikroskop elektron. Pengujian metalografi bisa digunakan untuk semua industri terutama pada lab-lab di industri. Metalografi sangat diperlukan dalam upaya pengembangan suatu bahan, manufaktur, proses inspeksi dan analisa kegagalan. Seperti : pengukuran grain size, analisis micro crackporosity, dan analisis fasa logam. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk menentukan keandalan produk atau mengetahui mengapa suatu bahan material gagal.

Trojan - Brand Alat Uji Metalografi yang Handal

Trojan (Shuzou) Material Technology Co., Ltd. adalah brand asal China yang telah berdiri sejak tahun 2005 dan merupakan produsen peralatan dan bahan metalografi untuk kebutuhan industri saat ini. Trojan juga memiliki sejumlah penemuan, hak cipta dan paten desain tampilan produk. Perusahaan ini telah mendapatkan sertifikasi sistem ISO & CE, serta telah banyak digunakan di laboratorium pengujian metalografi di berbagai industri, baik di dalam negeri maupun internasional.

Trojan telah menjual peralatan metalografi ke lebih dari 40 negara, di Eropa, Amerika Serikat, Korea, dan Asia Tenggara, termasuk di kini Indonesia, dimana PT Yakin Maju Sentosa adalah salah satu distributornya. 

Kelebihan Trojan Dibandingkan Brand Lainnya

  • Kelebihan pertama adalah dalam hal kualitas. Kapasitas produksi Trojan dirancang dengan kualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam berbagai jumlah pembelian.

  • Kedua, dalam hal harga bersaing. Trojan memiliki peralatan produksi sendiri yang mendukung proses produksi satu atap. Dengan menjual langsung dari pabrik, Trojan dapat memberikan kualitas yang tinggi, sekaligus harga yang terjangkau untuk Anda.

 

  • Ketiga, Trojan juga menawarkan layanan custom yang unik. Tim produksinya mampu mengembangkan dan memproduksi produk sesuai dengan deskripsi atau sampel yang diberikan oleh pelanggan.

Trojan juga tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pengembangan dan produksi di berbagai industri yang berbeda, tetapi juga terus berinovasi untuk memastikan kesesuaian dan kualitas produknya.

Kategori Produk Trojan

Produk Trojan terbagi menjadi 3 kategori, yaitu:

1. Mesin Pemotong Metalografi

Mesin pemotong metalografi digunakan untuk memotong spesimen logam menjadi ukuran yang diinginkan untuk pengamatan di bawah mikroskop. Kategori alat pemotong metalografi dari merek Trojan terbagi dalam beberapa kategori produk.

Meliputi mesin potong manual (contohnya: Trojan CT-250S/CT-250V) dan mesin potong otomatis (contohnya: Trojan Beta-300 Pro).

Meliputi roda potong (cut off wheels), diamond wafering blades, dan cutting coolant.

Meliputi alat pemegang vertikal (vertical fixture), pemegang datar (flat push fixture), alat penjepit cepat (quick clamping tools), dan lain-lain.

2. Mounting Press Metalografi

Metallographic Mounting Press digunakan untuk menyiapkan spesimen logam dengan mengekatan dan menyusunnya dalam bahan pengisi atau penggulungan, seperti resin epoksi. Kategori mounting metalografi terbagi menjadi beberapa produk, yaitu:

 

Meliputi automatic hot mounting machine (contohnya: Trojan MT-1H), cold mounting machine (contohnya: Trojan UVmount Mounting Device) dan lain-lain.

Meliputi mineral filled melamine resin, phenolic resin, conductive hot insert, dan lain-lain.

Meliputi acrylic resin, epoxy resin, UV-Curing Resin Light Curing Adhesive, dan lain-lain.

Meliputi silicone mold cups, teflon mold cups, sample holding clips, dan lain-lain.

3. Grinding & Polishing Metalografi

Grinding & polishing metalografi digunakan untuk memoles spesimen logam untuk mendapatkan permukaan yang sangat halus melalui proses elektrolisis dan siap untuk pengamatan mikroskopis. Kategori grinding & polishing metalografi terbagi menjadi beberapa produk, yaitu:

 

Meliputi single disc grinder & polisher (contohnya: Trojan Alpha-108), double wheels grinder & polisher (contohnya: Trojan Alpha-208).

Meliputi silicon carbide disc, diamond disc, polishing cloths, dan polish suspensions.

Produk TROJAN yang Dijual di Indonesia

1. Cutting Machine

 

Mesin potong manual merupakan salah satu alat yang diperlukan dalam mempersiapkan sampel dalam pengujian metalografi. Mesin ini digunakan untuk memotong suatu material/sampel yang didesain sesuai dengan prinsip keselamatan dan ramah lingkungan. Selain itu, mesin ini juga waterproof dan telah dilengkapi dengan safety lock dan tombol emergency stop untuk memastikan keamanan. Terdapat mata pisau potong berdiameter 250 mm/10 yang cocok untuk pemotongan cepat bahan logam dan non-logam. 

 

2. Mounting Press

 

Penggunaan mesin mounting press dalam pengujian metalografi adalah untuk menanamkan sampel logam dalam bahan resin atau plastik. Proses embedding inilah yang disebut mounting. Alat ini penting untuk membuat permukaan yang rata pada sampel yang selanjutnya akan dipoles untuk pengamatan struktur mikro, cacat/defect, dan karakteristik material lainnya di bawah mikroskop.

 

3. Grinder & Polisher

 

Mesin ini memiliki 2 kegunaan sekaligus yaitu untuk grinder dan polishing. Didesain dengan memiliki panel kontrol individual dan double wheels berdiameter 203mm, mesin ini sangat compact dan mudah dioperasikan. Fitur lainnya yaitu: touch key-press button, tahan karat, fungsi gesture-sensing, performa yang stabil, cocok untuk menggiling (grinder) dan memoles (polishing) semua jenis sampel.

 

>>> Lihat Lebih Banyak Produk Disini <<<

 

Distributor Trojan di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa merupakan distributor resmi dari Trojan di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan alat uji metalografi, silahkan hubungi tim kami. Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.