Adhesion Tester - Alat Uji Daya Rekat Material

Adhesion testing adalah proses pengukuran menggunakan alat adhesion tester, guna mengetahui kualitas dari suatu material. Uji adhesi dapat dilakukan melalui berbagai sistem pengujian, bergantung pada kebutuhan aplikasi Anda.

Simak informasi seputar adhesion tester berikut ini.

Apa Itu Adhesion Tester?

Adhesion Tester

Adhesion tester adalah alat uji daya rekat lapisan terhadap substrat material. Proses adhesion testing ini dapat menentukan kekuatan adhesi dari gaya yang dibutuhkan untuk menarik perekat (adhesive) dari permukaan.

Ketika perekat direkatkan ke permukaan, banyak kekuatan fisik, mekanik, dan kimia yang saling memberi efek satu sama lain. Hal inilah yang perlu diuji sebelum suatu produk dapat digunakan.

Fungsi Adhesion Tester

Adhesion tester berfungsi untuk mengukur daya rekat atau kekuatan tarikan lapisan pada substrat secara akurat. Alat ini dapat digunakan untuk lapisan pada logam, kayu, plastik, beton dan substrat lainnya.

Penggunaan Adhesion Tester

Mengapa Industri Membutuhkan Adhesion Tester?

Dengan adhesion tester, Anda dapat mengontrol kualitas produk, sesuai standar industri dan sesuai spesifikasi pelanggan melalui pengujian dan verifikasi kemampuan adhesi. 

Adhesion testing dapat diaplikasikan pada produk konsumen hingga proyek konstruksi skala besar. Contohnya di industri coating, alat ini dapat menentukan apakah cat melekat dengan baik pada substrat.

Sedangkan pada proyek konstruksi, alat ini dapat mengetahui kemampuan adhesi melindungi baja agar dapat terhindar dari keausan dan korosi. 

Apa Saja Metode Pada Adhesion Testing?

Kualitas hasil pengecatan atau pelapisan (coating) khususnya pada industri, sangat dipengaruhi oleh berbagai hal. Mulai dari kondisi iklim saat pengecatan, kualitas material cat yang digunakan, kepadatan substrat, kontaminasi permukaan dan sebagainya.

Untuk memastikan kualitas hasil coating telah berhasil sesuai standar, perlu dilakukan pengujian adhesi. 

Ada beberapa metodi pengujian adhesi, diantaranya:

  • Knife Test
  • Tape Test
  • Pull-Off Test
  • Scrape Test

Baca pembahasan selengkapnya pada artikel Macam-Macam Metode Uji Untuk Lapisan Adhesi

Studi Kasus: Mengukur Tingkat Kerekatan Lapisan Cat

Pengukuran kekuatan/kerekatan pada lapisan (adhesi) biasanya dilakukan untuk mengetahui seberapa baik lapisan perlindungan part dari berbagai dampak dan korosi. Pengujian adhesi sering digunakan untuk menguji dan memverifikasi kemampuan adhesi.

Dalam pekerjaan konstruksi dan pemeliharaan (maintenance), lapisan epoksi yang digunakan untuk melindungi baja memerlukan ikatan yang kuat untuk mencegah keausan dan korosi.

Selain itu, semprotan primer yang digunakan juga menjadi salah satu penyebab masalah pada coating. Primer yang melepuh menyebabkan cat akan mudah terkelupas setelah terkena paparan panas dan sinar matahari. 

Pengujian kali ini akan dilakukan dengan cara menarik paksa lapisan coating dari permukaan materialnya menggunakan tekanan hidrolik. Gaya yang diterapkan untuk menarik lapisan nantinya ditampilkan dalam angka numerik pada layar oleh indikator pada skala perangkat. Nilai yang didapat adalah nilai adhesi.

Baca selengkapnya pada halaman Mengukur Kekuatan Lapisan Dengan Automatic Adhesion Tester

Mengapa Pengujuan Adhesi Penting Dilakukan?

Dalam industri otomotif, pengujian lapisan dengan Adhesion Tester digunakan untuk mengetahui apakah cat yang akan digunakan untuk melapisi body/part kendaraan akan menempel dengan sempurna.

Penggunaan Adhesion Tester ini cukup sederhana, Anda hanya perlu melekatkan dolly pada penutup pengujian dan setelah itu ditarik dengan sistem pegas dari perangkat. Gaya yang diterapkan untuk menarik dolly nantinya ditampilkan dalam nilai numerik oleh indikator pada skala perangkat.

Nilai inilah yang disebut dengan nilai adhesi. Dengan menggunakan Adhesion Tester, Anda akan semakin dimudahkan dalam melakukan pengujian terhadap tingkat adhesi.

Kami sudah membahas pentingnya melakukan pengujuan menggunakan adhesion tester pada artikel Pentingnya Melakukan Pengujuan Adhesi

 

Adhesion Tester Yang Dijual di Indonesia

 

1. Defelsko PosiTest AT-M Manual Adhesion Tester

PosiTest AT-M Manual adalah pull-off adhesion tester yang dirancang dengan pompa hidrolik manual yang menerapkan tekanan yang halus dan terus menerus dalam 1 kali tekan. AT-M Manual juga dilengkapi dengan memori internal untuk menyimpan data pengukuran yang dapat dihubungkan ke software PosiSoft Desktop.

2. DeFelsko PosiTest Automatic Adhesion Tester AT - A

PosiTest AT-A adalah pull-off adhesion tester dirancang dengan pompa hidrolik otomatis. Tingkat tarikannya dapat Anda pilih sesuai metode pengujian, termasuk logam, kayu, dan beton, serta memiliki baterai isi ulang internal.

 

Distributor Adhesion Tester di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi adhesion tester di Indonesia. Untuk melayani kebutuhan Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.