Bagaimana Cara Menggunakan Force Gauge?

Force gauge adalah alat ukur gaya atau alat uji tarik yang digunakan pada berbagai bidang, mulai dari pengujian kekuatan tarik objek, elastisitas, dan pengujian gaya lainnya. 

Berikut ini telah kami rangkum fungsi force gauge beserta contohnya.

Apa itu Force Gauge?

Force gauge atau push pull gauge adalahalat ukur untuk mengukur gaya, baik gaya dorong (kompresi) atau gaya tarik (ketegangan) suatu objek. Force gauge berukuran kecil, sederhana, dan portabel dengan sistem yang dioperasikan secara digital maupun mekanik.

Fungsi Force Gauge

Force gauge digunakan untuk mengukur gaya tarik, gaya dorong, daya rekat, gaya koefisien gesek, dan gaya lainnya dari suatu benda kerja. Pengukuran dengan force gauge menghasilkan nilai akurat dalam kombinasi dengan dudukan uji (test stand). 

Bagaimana Cara Mengukur Gaya (Force)

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengukur gaya menggunakan force gauge.

  • Cara pertama, dengan menggunakan neraca pegas yang terdiri dari sebuah pegas yang digantung dengan kait penggantung beban. Pegas akan memanjang ketika dikenai gaya. Pada pegas tersebut terdapat skala yang menunjukkan besarnya gaya yang sedang diukur.
  • Cara kedua, dengan menggunakan force gauge. Mengukur gaya menggunakan force gauge adalah pilihan yang terbaik. Terdapat 2 jenis force gauge saat ini, yaitu mekanik dan digital. Pengukuran gaya dengan force gauge juga sangat mudah. Setelah dikenai gaya maka pada layar LCD akan ditampilkan angka hasil pengukuran.

Cara Menggunakan Force Gauge

Force gauge umumnya termasuk alat ukur yang mudah digunakan dan dapat dioperasikan dengan tangan atau dengan bantuan alat uji pengukur gaya. Sebagian besar force gauge dapat digunakan dengan berbagai alat tambahan seperti force gauge test stand, clamp, dan grip yang memiliki fungsi spesifiknya masing-masing. 

Alat tambahan tersebut dapat dengan mudah dilepas atau ditambahkan hanya dengan memasangnya di tempatnya. Bergantung pada modelnya, force gauge juga memiliki fitur seperti penahan (peak hold) atau analisis statistik, yang memudahkan Anda untuk melihat hasil yang diinginkan.

Untuk Apa Saja Force Gauge Digunakan

Force gauge digunakan dalam berbagai bidang industri, contohnya adalah sebagai berikut: 

1. Elektronik

Contoh penggunaan force gauge di bidang elektronik adalah uji gaya tarik solder dan las pada papan sirkuit.

2. Kimia dan Plastik

Contoh penggunaan force gauge di bidang kimia & plastik adalah uji gaya tekan kantong plastik dan gaya tarik sedotan.

3. Mesin dan Manufaktur

Contoh penggunaan force gauge di bidang mesin dan manufaktur adalah uji kekuatan untuk membuka pintu kabinet.

4. Otomotif

Contoh penggunaan force gauge di bidang otomotif adalah uji kekuatan retractor sabuk pengaman.

5. Peralatan Bisnis

Contoh penggunaan force gauge di bidang peralatan bisnis adalah uji kekuatan adhesi label dan stiker.

6. Bidang-bidang lainnya

Seperti uji gaya tarik pelatuk pada senjata api, uji gaya pedal pilot di pesawat, dll.

Contoh Force Gauge Yang Dijual di Indonesia

1. Shimpo Mfd Series Mechanical Gauge

Shimpo MFD Series Mechanical Gauge adalah pengukur gaya mekanik MFD yang ekonomis dengan timbangan ganda kg/lb. Shimpo MFD Series sangat baik untuk pengujian gaya dorong/tarik di bidang manufaktur, pengujian material, pemeliharaan, dan aplikasi inspeksi.

2. Shimpo Force Gauge FGE Series

Shimpo Force Gauge Seri FGE dirancang untuk mengukur gaya digital berkinerja tinggi yang mampu mengukur gaya tekan / tarik dari 2N hingga 1000N. Aplikasi kerja meliputi papan dinding, tarik kawat, pedal rem, pegas, pengujian ergonomis, perekat,dan lain-lain.

3. Shimpo FG-7000l Digital Force Gauge

Shimpo FG-7000 Series dirancang untuk menyederhanakan kebutuhan pengujian kompresi dan tegangan Anda. Batas yang dapat diprogram pada Shimpo FG-7000 akan memberikan indikasi visual dan suara yang cepat jika tes lulus atau gagal pada LCD.

4. Programmable Digital Force Gauge with USB Output – Series ZP

SP-Tech Precision Digital Force Gauges DFG dirancang sebagai instrumen serbaguna yang digunakan untuk industri apapun untuk mengukur kekuatan dan peregangan gaya selama pengujian dorong atau tarik. 

Distributor Force Gauge di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi force gauge di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan force gauge, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.