Cara Menggunakan Digital Micrometer

Digital Micrometer merupakan salah satu alat ukur yang umum digunakan di dunia industri. Alat ukur ini umumnya digunakan untuk mengukur dimensi panjang, diameter, atau ketebalan part dengan akurasi yang tinggi dan mampu mengukur hingga 0,001mm. Mikrometer digital terdiri dari frame, anvil, poros (spindle), mur pengunci (lock nut), selongsong (sleeve), nomor selongsong (sleeve numbers), garis panjang selongsong (sleeve long line), thimble marks, thimble, stop ratchet, layar LCD, data output port, mm/inch conversion key, dan On/Off Zero key. Mikrometer digital tersedia dalam sejumlah besar ukuran yang berbeda, ada yang dari 0 hingga 25mm, 25 hingga 50mm, 50 hingga 75mm, dan 75 hingga 100mm. Dengan tampilan digital, Anda tidak perlu melakukan perhitungan apapun karena hasil pengukuran sudah ditampilkan di layar LCD.

Lalu apa saja kemudahan yang didapat dari Digital Micrometer?

       
  • High Accuracy Measurement

Mikormeter digital mampu melakukan pengukuran yang sangat akurat, yaitu hingga 0,0005 inci dan 0,001 mm. 

  • Fast Reading

Pembacaan hasil pengukuran secara instan oleh mikrometer digital dihasilkan secara elektronik yang ditampilkan pada layar LCD menghindari kesalahan pembacaan oleh pengguna.

       
     
  • Switch Button & Zero Button

Pengguna dapat mengubah pembacaan mereka dari satu sistem ke sistem lainnya dengan tombol mm atau inci atau satuan (unit). Adanya Zero Button juga memungkinkan unit menjadi nol pada titik manapun. Fitur ini ideal untuk pengukuran komparatif inkremental.

  • Transferrable Data

Beberapa mikrometer memiliki data output yang memungkinkan untuk dihubungkan ke komputer (ditransfer, disimpan, dan dianalisis). Pengukuran kemudian dapat disimpan pada spreadsheet, hal ini lebih efektif jika dibandingkan dengan mencatat secara manual.

     

 

Bagaimana cara menggunakan dan membaca Mikrometer Digital dengan benar?

1.   Persiapan

Pertama, keringkan dan bersihkan permukaan benda yang akan diukur dengan kain bersih atau direndam dengan cleaning oil).

   

Kedua, keringkan dan bersihkan bagian permukaan luar mikrometer digital dengan kain bersih atau rendam dengan cleaning oil.

     

 

Ketiga, keringkan dan bersihkan bagian anvil dari mikrometer digital dengan kain bersih atau rendam dengan cleaning oil.

     

Keempat, keringkan dan bersihkan bagian spindle dari mikrometer digital dengan kain bersih atau rendam dengan cleaning oil.

   

 

Kelima, tutup semua luar mikrometer digital dengan lembut.

  

  

Keenam, putar bidal untuk memastikan garis 0 sejajar dengan garis panjang tengah pada sleeve sepenuhnya.

        

 

Ketujuh, nyalakan tombol On/Off pada mikrometer digital. Pengukuran dapat dilakukan jika terbaca 0, jika tidak terbaca 0, sesuaikan bidal dan ratchet stop sampai muncul terbaca 0.

     

Kedelapan, nyalakan tombol mm/inch pada mikrometer digital, kemudian pilih sistem satuan yang Anda inginkan.

   

 

     

Jika Anda menggunakan 25 hingga 50mm, 50 hingga 75mm, atau mikrometer dengan jangkauan yang lebih besar, Anda perlu menggunakan calibrate rod yang sesuai untuk mengkalibrasinya sebelum mengukur. Misalnya, Anda perlu menggunakan 25mm rod yang dikalibrasi untuk dapat mengkalibrasi mikrometer digital 25 hingga 50mm.

 

2.   Mengambil Pengukuran

Setiap saat, jangan menyentuh permukaan pengukur mikrometer dan part yang diukur dengan tangan Anda, untuk menghindari keringat di tangan Anda dapat menyebabkan ketidakakuratan pengukuran. Jadi Anda harus menjaganya tetap kering dan bersih setiap saat.

Pertama, hati-hati membuka rahang mikrometer digital dengan memutar ratchet

     

Kedua, letakkan secara perlahan part yang akan diukur pada anvil mikrometer digital. Pastikan mikrometer digital tegak lurus dengan permukaan part yang diukur

   

 

Ketiga, putar ratchet stop hingga spindle menyentuh part. Jangan menjepit mikrometer dengan erat pada part. Gunakan hanya tekanan yang cukup pada ratchet stop untuk memungkinkan part berada pas di antara anvil dan spindle. Secara umum, Anda dapat memutar sedikit ratchet stop selama tiga lingkaran saat spindle menyentuh part.

     

Keempat, kunci mur pengunci (lock nut) pada mikrometer digital untuk memastikan bahwa angka tidak dapat berubah lagi.

   

 

3.   Bagaimana cara membaca Mikrometer Digital dengan benar?

     

Pertama, mikrometer digital dapat memberikan pembacaan presisi tinggi dengan layar LCD. Jadi Anda bisa mendapatkan pembacaan langsung dari layar LCD besar. Anda juga bisa mendapatkan bacaan dengan membaca tanda di sleeve dan bidal. Meski begitu, pembacaan dari layar LCD lebih akurat, sedangkan bacaan di sleeve dan bidal hanya untuk referensi.

 

Kedua, baca tanda pada sleeve dan bidal. Langkah pertama, baca titik dimana bidal berhenti di sebelah kanan sleeve (pada gambar dibawah menunjukkan 14mm, karena setiap garis di atas garis panjang tengah mewakili 1mm, sementara setiap garis di bawah panjang tengah garis mewakili 0,5mm). 

Langkah kedua, baca tanda pada bidal, antara 5 dan 6. Jadi Anda perlu memperkirakan bacannya. (Pada gambar dibawah adalah 0,054mm untuk setiap baris di sini mewakili 0,001mm). Terakhir, tambahkan semua pembacaan: 14mm + 0,054mm = 14,054mm (total bacaannya adalah 14,054mm).

 

4.   Instruksi Perawatan

  1. Perlu diingat untuk mematikannya setelah menyelesaikan pengukuran, hal ini bertujuan untuk memperpanjang masa pakai (lifetime).

  2. Jangan pernah memberikan tegangan (misalnya melakukan engraving dengan electric pen) pada bagian mana pun dari mikrometer digital karena takut merusak sirkuit. 

  3. Bersihkan permukaan mikrometer digital dengan kain kering atau bersih (atau direndam dengan cleaning oil), keluarkan baterai kemudian simpan di lingkungan yang kering jika tidak digunakan dalam waktu yang lama.

 

Sylvac Digital Micrometer S_Mike Pro dari Sylvac SA didesain untuk memberikan operator akses ke banyak fungsi serbaguna dalam pengukuran presisi produk/part/objek dengan dimensi yang lebih luas. Instrumen dari Sylvac Digital Micrometer S_Mike Pro juga dilengkapi dengan tampilan yang mudah dibaca dan kokoh untuk tahan terhadap air, minyak, kelembapan, dan lainnya.

     
  • Automatic wake-up hanya dengan menggerakan spindle (Absolute System S.I.S)

  • Sleeping mode setelah 20 menit tidak digunakan

  • Position memorized dalam sleeping mode

  • IP67

  • Rentang pengukuran 0 - 161mm hanya dengan 5 instrumen

  • Tersedia set 3 mikrometer 0 - 1-2 mm

  • Perpindahan cepat dari spindle (10mm / rotasi)

  • Gaya pengukuran yang dapat disesuaikan 5N / 10N

Sedang mencari Digital Micrometer? Klik disini untuk promo terbaik Sylvac 2021 

 

Sylvac S_Mike Pro Bluetooth

     

Sylvac S_Mike Pro Knife

     

Sylvac Digital Micrometer Crew

     

Sylvac S_Mike Pro Point BT

           

  >>> Lihat model lainnya disini <<<

 

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang digital micrometer mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda atau ingin mengetahui lebih lanjut perihal pembahasan digital micrometer di atas, silahkan hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.