Circular Saw - Pengertian, Jenis, dan Fitur Penting pada Circular Saw

Sawing adalah salah satu proses pemesinan yang dilakukan dalam industri manufaktur. Proses sawing sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah circular saw.

Circular saw hadir dalam berbagai desain, jenis, dan ukuran. Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Circular Saw?

Circular Saw atau gergaji piringan adalah sebuah gergaji putar listrik yang menggunakan mata pisau atau bilah (blade) melingkar yang digunakan untuk memotong material besi, kayu, dan lain sebagainya. 

Diameter piringan gergaji dapat mencapai 200-400 mm dengan ketebalan 0,5 mm. Ketelitian gerigi pada keliling piringan memiliki ketinggian antara 0,25-0,50 mm. Proses penggergajian ini selalu menggunakan cairan pendingin. Toleransi yang dapat dicapai ± 0,5-1,5 mm.

Mesin circular saw yang memiliki beberapa keunggulan. Mesin ini dapat dipasang secara praktis melalui handpiece atau secara portable. Fungsi umum dari circular saw ini adalah untuk memotong material. 

Sejarah Circular Saw

Circular saw machine atau mesin gergaji piringan memiliki sejarah panjang yang dimulai pada akhir abad ke-18. Awalnya, jenis gergaji yang ditemukan adalah gergaji rip (rip saw) dan digunakan untuk mengubah kayu gelondongan menjadi potongan kayu di pabrik penggergajian.

Sebelum circular saw muncul, kayu gelondongan dipotong dengan menggunakan gergaji lubang (pit saw) atau gergaji yang bergerak bolak balik naik dan turun. Namun, gergaji ini dominan kurang efisien. 

Hal ini menyebabkan penemuan circular saw yang dapat memotong lebih cepat karena gigi pada pisaunya yang bergerak konstan saat berputar, daripada operasi gergaji bolak-balik lainnya. Circular saw juga mendapat julukan gergaji dengung karena suara mendengungnya yang konstan saat memotong.

Penggergajian pertama kali menggunakan circular saw berdiameter lebih baru dan lebih kecil.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, mata gergaji berdiameter lebih besar mulai digunakan untuk memotong material yang lebih besar.

Saat ini circular saw sudah digunakan untuk berbagai macam pekerjaan terhadap benda kerja yang beragam.

Bagian-Bagian Circular Saw

Mesin circular saw terdiri dari beberapa bagian penyusun. Berikut merupakan bagian utama dari mesin circular saw:

1. Mata pisau (blade)

Mata pisau pada circular saw memiliki bentuk melingkar dengan mata gigi khusus yang didesain untuk membelah/memotong. 

2. Penutup gergaji

Penutup gergaji ini digunakan sebagai alat pengaman dan pelindung mata pisau/gergaji terutama pada waktu membelah material yang tebal. Terdapat di atas dan bawah gergaji.

3. Pemandu Laser

Berfungsi untuk memberikan arahan garis potong gergaji, umumnya berwarna merah.

4. Saklar On/Off

Saklar on/off digunakan untuk menyalakan dan mematikan mesin circular saw.

5. Pelat dasar

Pelat dasar umumnya digunakan untuk membatasi kedalaman pemotongan gergaji.

Jenis-Jenis Circular Saw

1. Sidewinder 

Sidewinder atau disebut juga gergaji in-line, adalah jenis circular saw paling populer. Sidewinder biasanya memiliki berat yang jauh lebih ringan daripada jenis gergaji piringan lainnya. Mesin ini juga dapat berputar pada kecepatan yang lebih tinggi karena motor berada tepat di sebelah mata gergajinya.

2. Circular Saw Bench 

Circular saw bench atau yang kadang disebut sebagai gergaji rip, digunakan untuk memotong material seperti kayu. Sesuai dengan namanya, mesin ini berbentuk bench dan memiliki mata pisau pada permukaan mejanya. Kekurangan dari jenis ini adalah memiliki resiko kontak yang tinggi antara tangan pekerja dengan mata pisau.

3. Vertical Circular Saw

Vertical circular saw adalah mesin dengan desain gergaji yang bergerak vertikal ke bawah dan fleksibel. Pengoperasiannya sederhana, dengan desain yang kokoh dan pemotongan yang presisi, menjadikan circular saw vertikal banyak digunakan pada operasi pemesinan di bengkel dan pabrik.

4. Up-Stroking Circular Saw

Up stroking circular saw adalah mesin circular saw dengan gergaji yang bergerak ke atas saat memotong. Mesin jenis ini adalah jenis penggergajian otomatis dan canggih dalam mengerjakan jenis pemotongan yang berat.

Fitur Penting pada Circular Saw

1. Laser

Beberapa circular saw terbaik dilengkapi dengan pemandu laser (laser guide) yang dapat membantu Anda tetap berada pada garis potong. Garis potong tersebut akan ditampilkan dalam warna merah sehingga dapat membantu meningkatkan akurasi Anda.

2. Kapasitas Mata Pisau

Kapasitas mata pisau menunjukkan kedalaman pemotongan maksimum yang dapat ditawarkan gergaji. Semakin besar mata pisaunya, semakin dalam potongannya. Diameter mata pisau yang paling umum adalah 7-1/4 inci. Mesin circular saw dengan kapasitas mata pisau yang lebih kecil cenderung memiliki bobot yang lebih ringan, sekaligus lebih mudah dikendalikan.

3. Rem Listrik (Electric Brakes)

Rem listrik digunakan untuk membalikkan aliran listrik pada motor gergaji setiap kali trigger dilepaskan. Rem biasanya dapat menghentikan mata pisau hanya dalam dua detik. Tanpa rem listrik, circular saw akan terus berputar hingga 15 detik.

4. Mengganti Mata Pisau (Blade)

Beberapa jenis circular saw memiliki keunggulan mata pisau / blade dengan sistem lepas-pasang sehingga Anda dapat mengganti mata pisau dengan cepat hanya dalam beberapa menit dan tidak memakan waktu yang banyak dalam proses penggergajian.

5. Kapasitas Bevel

Pastikan untuk mencari circular saw dengan kombinasi tuas dan skala sudut untuk membuat penyesuaian khusus pada potongan gergaji Anda. Circular saw modern akan dapat membuat pemotongan bevel sederhana pada sudut yang berbeda hingga maksimum sekitar 55°.

Bagaimana Cara Menggunakan Circular Saw?

Berikut ini adalah cara menggunakan circular saw secara manual:

  1. Pahami sistem kerja mesin circular saw yang akan digunakan karena ada banyak jenis dan desain dari circular saw dan siapkan benda kerja Anda. 

  2. Kenakan sarung tangan dan pelindung mata untuk menjaga diri Anda tetap aman saat bekerja.

  3. Ukur dan tandai bagian yang ingin dipotong dari benda kerja Anda.

  4. Posisikan benda kerja di atas meja circular saw di antara dua sawhorses.

  5. Gunakan tuas tengah untuk mengatur mata pisau ke kedalaman pemotongan yang Anda inginkan.

  6. Sesuaikan kemiringan mata pisau dengan mengatur skala putar.

  7. Posisikan garis pada pelat dasar berlabel "0" di atas garis potong Anda.

  8. Aktifkan mata gergaji dengan menarik pelatuk pada pegangan belakang.

  9. Dorong gergaji perlahan-lahan sepanjang permukaan material.

  10. Lepaskan pelatuk (trigger) untuk menghentikan bilah setelah pemotongan selesai.

  11. Terakhir, cabut gergaji setelah selesai Anda gunakan.

Contoh Circular Saw Yang Dijual di Indonesia

1. MEP Vertical Sawing Machine TIGER 352 SX EVO

TIGER 352 SX EVO adalah mesin gergaji vertikal semi otomatis elektro pneumatik dengan cakram HSS untuk memotong baja dari -45° hingga +60°. Mesin ini dilengkapi dengan dengan perangkat pengunci di semua sudut, di antaranya memungkinkan pemosisian kepala gergaji dengan cepat.

2. Behringer Eisele VA-L Series

Behringer Eisele VA-L Series menawarkan solusi gergaji potong lurus yang sepenuhnya otomatis. Mesin ini memiliki desain yang kokoh, dengan teknologi penggerak tercanggih yang digunakan dalam sumbu umpan dan sistem penggerak utama, serta memiliki bantalan spindel gergaji yang sangat presisi.

3. Behringer Multi-Fluid Circular Saw Machine HCS Series

Behringer multi-fluid circular saw HCS Series menawarkan efisiensi baru berkat pendinginan yang tepat selama proses pemotongan. Waktu siklus lebih pendek dan output yang dihasilkan lebih tinggi. Sistem multi-fluid sangat baik untuk baja tahan karat paduan tinggi dan baja perkakas, paduan berbasis nikel seperti inconel dan hastelloyserta paduan titanium.

4. Behringer Eisele HCS 70 and HCS 90 E 

Behringer HCS 70 dan HCS 90 E series menawarkan Anda keseluruhan biaya pemotongan yang lebih rendah, kemudahan penggunaan, tenaga kerja yang lebih sedikit, dan konsistensi berulang yang sederhana berkat teknologi inovatif dan kualitas yang dibangun.

5. Behringer Eisele HCS 90 E and HCS 150 E

Behringer Eisele HCS 90 E and HCS 150 E menawarkan teknologi penggergajian berperforma tinggi, yang meliputi gergaji dingin melingkar otomatis berperforma tinggi pemotongan baja dan konveyor chip, memenuhi semua persyaratan industri, memberikan kualitas tertinggi dengan rasio harga dan kinerja yang tidak ada duanya.

6. Rong Fu Heavy Circular Saw RF-315CS dan RF-350CS

Rong Fu Heavy Circular Saw RF-315CS & RF-350CS dirancang sebagai gergaji listrik untuk pekerjaan berat dengan desain bangku yang mampu untuk memotong  secara manual dengan getaran yang lebih rendah dan presisi. Rong Fu Heavy Circular Saw RF-315CS & RF-350CS juga dilengkapi dengan pendingin dan bangku kaku yang dapat dipasang dengan cakram atau pisau bergigi, serta abrasif untuk memotong bahan yang berbeda.

Distributor Circular Saw di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mesin circular saw BehringerMEP, dan Rong Fu di Indonesia.

Kami juga menawarkan produk circular saw blade merek kinkelder untuk aplikasi pemesinan Anda.


Hubungi kami untuk pertanyaan maupun bantuan lebih lanjut untuk menemukan solusi yang sesuai untuk kebutuhan Anda.