Keuntungan Teknologi Laser Welding Dalam Aplikasi Automotive Smart Manufacturing

Saat ini, industri manufaktur secara bertahap berkembang menuju industri 4.0 yang lebih maju. Tingkat industri 4.0 adalah produksi yang sepenuhnya otomatis, yaitu Smart Manufacturing. Tujuan pembuatan otomotif dalam Smart Manufacturing yaitu untuk mengurangi konsumsi energi, meningkatkan kualitas, meningkatkan efisiensi, mewujudkan produksi ramping secara keseluruhan, dan mempromosikan tingkat manufaktur keseluruhan perusahaan mobil.

Dengan perkembangan pesat kehidupan material modern, orang secara bertahap memiliki persyaratan untuk kenyamanan dan estetika. Estetika dan presisi mobil sangat penting. Metode pengelasan tradisional memiliki presisi rendah, mudah mengalami deformasi, dan kecepatan lambat, sehingga sulit untuk beradaptasi dengan tren perkembangan manufaktur cerdas mobil modern. Teknologi pengelasan laser menggunakan sinar laser densitas energi tinggi dan balok densitas tinggi sebagai sumber panas. Ini adalah teknologi pengelasan dengan presisi tinggi dan efisiensi pengelasan yang tinggi. Hal ini sejalan dengan tren manufaktur mobil modern dan menjadi semakin populer di industri ini.

Keuntungan Teknologi Laser Welding

  • Mengurangi Biaya Pemrosesan

Teknologi pengelasan laser dapat secara efektif mengurangi jumlah sambungan solder. Di bawah premis memastikan kualitas, dapat mengurangi penggunaan bahan, mengurangi berat keseluruhan, dan menghemat biaya.

  • Meningkatkan Efisiensi Produk

Pengelasan laser dapat mencapai kontrol komputer atau digital, akurasi pengelasan tinggi, kecepatan pengelasan cepat, kecepatan pengelasan 3 hingga 5 kali lebih cepat daripada pengelasan tradisional, yang secara signifikan dapat meningkatkan efisiensi pengelasan dan meningkatkan efisiensi manufaktur secara keseluruhan.

  • Tidak Perlu Pasca-Pemrosesan

Laser dapat melakukan pemrosesan lokal skala kecil, area kecil yang terkena panas, dan dapat dilas dengan presisi. Permukaan produk yang dilas halus dan rapi, dan tekstur keseluruhannya bagus. Ini dapat digunakan tanpa pasca-pemrosesan.

  • Tanpa Sentuh (Non-Contact)

Teknologi pengelasan laser termasuk dalam pengelasan non-kontak, tidak perlu menggunakan elektroda. Sehingga memiliki dampak yang sangat kecil pada kehilangan dan deformasi mesin. Ini dapat sangat mengurangi masukan panas dan mengurangi timbulnya efek buruk karena konduksi panas.

  • Berbagai Macam Aplikasi Pengelasan

Dua bahan yang berbeda dapat dilas. Bahan logam umum di pasaran dapat dengan bebas digabungkan dan dilas. Sudut yang sulit dicapai secara manual dapat dilas secara otomatis dengan lengan robot. Pengelasan tidak memerlukan lingkungan vakum dan dapat dilas di lingkungan normal.

Dengan perluasan permintaan pasar otomotif global, sementara proses manufaktur otomotif semakin cepat, teknologi manufaktur canggih yang diwakili oleh teknologi laser juga terus mempromosikan peningkatan industri manufaktur otomotif. Teknologi mesin las laser dapat membantu produsen mobil meningkatkan kualitas antarmuka pengelasan, mengurangi kecelakaan dan kerugian kecelakaan yang disebabkan oleh masalah sambungan, dan membantu perusahaan mencapai pengurangan biaya, peningkatan efisiensi, dan respons fleksibel terhadap perubahan pasar.

Contoh Laser Welding yang Digunakan Dalam Automotive Smart Manufacturing

>>> Klik Untuk Informasi Produk Selengkapnya <<<

Dengan perkembangan teknologi aplikasi laser, teknologi pengelasan laser banyak digunakan di berbagai bidang seperti elektronik konsumen, pengemasan, pengiriman, dirgantara, dll. 

Distributor Mesin Laser Welding di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mesin laser yang ada di Indonesia. Kami akan membantu Anda untuk lebih memahami laser welding yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang laser marking untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.