Pengukuran dengan Air Gauge

Air gauge adalah serangkaian alat ukur yang banyak digunakan di dalam aplikasi industri. Prinsip kerja dari air gauge adalah dengan memanfaatkan aliran udara untuk mengukur dimensi ruang suatu objek benda kerja.

Mengukur Kemampuan Teknologi Air Gauging

Air gauging sangat cocok untuk mengukur fitur dengan toleransi yang ketat. Kisaran yang lebih kecil, repeatability (pengulangan) yang lebih baik, hingga beberapa nanometer. Banyak fitur yang dapat diukur dengan udara: diameter dalam dan luar, tapi juga banyak fitur geometris seperti tapper, flatness, roundness, run-out, squareness, straightness, dan lainnya.

Kelebihan Air Gauge

Salah satu keuntungan utama dari Air Gauge adalah kemampuannya dalam memberikan pengukuran yang sangat akurat dan dapat diulang (repeatability) secara independen dari posisi air gauge oleh operator di dalam komponen. Ini menjadikannya pilihan yang cocok untuk mengukur dimensi kritis dalam aplikasi manufaktur dengan presisi tinggi.

Air gauge juga menawarkan kemampuan untuk mengukur secara bersamaan beberapa diameter pada ketinggian yang berbeda, memberikan pengukuran benda kerja yang komperhensif. Ini sangat berguna untuk komponen dengan fitur internal yang kompleks atau yang berdinding tipis (thin-walled) atau tidak bulat.

Selain itu benda yang sedang diukur tidak memerlukan pembersihan sebelum pengukuran, ini memungkinkan beberapa pengukuran dapat dilakukan di station yang sama, sehingga menghemat waktu bagi operator.

Sylvac's Air Measurement Solution

Air Measurement dari Sylvac merupakan peningkatan sempurna untuk sistem pengukur udara Anda. Mulai dari display unit-nya, software, hingga modul semua dirancang agar kompatibel dengan hampir semua air gauge di pasar, terlepas dari pemasoknya. Ini berarti Anda dapat terus menggunakan sistem air gauging dan air supply sembari mengganti air columns dan unit lama Anda dengan alternatif modern dari Sylvac.

Solusi dari Sylvac memungkinkan digitalisasi dan otomatisasi, menyediakan fitur canggih yang tidak tersedia pada air columns tradisional. Dengan tampilan nilai digital langsung, kemampuan ekspor data, dan kemampuan pengambilan keputusan serta pemantauan yang lebih baik, Anda dapat secara signifikan meningkatkan akurasi dan efisiensi stasiun kontrol Anda.

Keuntungan Sylvac Air Measurement

  • Pembacaan digital hingga 0,01 mikron
  • Mudah diatur
  • Display unit dan PC
  • Bebas perawatan
  • Cocok untuk otomatisasi
  • Ekspor data, traceability data
  • Kompatibel dengan semua air gauges
  • Terjangkau
  • Bisa custom
  • Tidak perlu kalibrasi berkala
  • Kompatibel dengan PLC

 

 

Display Unit

D70A

Display unit tipe D70A adalah perangkat cerdas dan ramah pengguna yang menampilkan tampilan layar sentuh. Ini menawarkan fleksibilitas untuk menghubungkan satu atau dua air gauge, tergantung pada modelnya, serta menawarkan fitur-fitur canggih seperti:

  • Transfer data dengan USB ke PC, PLC atau server
  • Resolusi tampilan hingga 0,001µm
  • Kontrol tekanan udara dan alarm kalibrasi
  • Kompensasi suhu
  • Lebih hemat energi pada air cut

 

Aplikasi Sylvac Display Unit D70A

Pengukuran 1 input Pengukuran 2 input

 

D400S

D400S adalah display unit layar sentuh canggih dan multifungsi dengan kemampuan untuk menghubungkan hingga sebanyak 32 air gauges melalui modul MB-AG. Satu unit compact dapat menggantikan puluhan air columns tradisional. Banyak kemungkinan integrasi dan koneksi akan menjadikannya pusat saraf control stations Anda.

  • Transfer data dengan USB ke PC, PLC atau server
  • Resolusi tampilan hingga 0,001µm
  • Kontrol tekanan udara dan alarm kalibrasi
  • Kompensasi suhu
  • Lebih hemat energi pada air cut
  • Deteksi layar otomatis
  • Statistik SPC dalam gambar
  • Pengukuran statis dan dinamis

 

Aplikasi Air Measurement

Alarm lamp terhubung ke D400S melalui modul MB-I/O

 

Modul M-Bus

Modul M-Bus adalah interfaces yang memungkinkan untuk menghubungkan berbagai instrumen dan perangkat ke display unit D70A dan D400S, dan perangkat lunak Sylcom.

  • MB-RS: Modul Komunikasi Utama

Modul komunikasi utama (master) untuk menghubungkan satu set modul MB ke PC atau PLC.

  • MB-I/O: Modul Otomasi

Modul dengan 8 input/output opto-coupled yang fungsinya dapat ditentukan oleh unit atau software.

  • MB-TP: Modul Temperatur

Modul temperatur suhu dengan satu input atau thermo-couple atau sensor suhu PT100, untuk kompensasi suhu dengan display unit D70A dan D400S.

  • MB-AG: Modul Input untuk Air Gauge

Modul dengan 1 input untuk air gauge.

  • MB-RO: Modul Relay

Modul relai (relay) memungkinkan untuk mengontrol sistem air cut dan pengangkatan probe pneumatik.

Lebih banyak modul M-Bus untuk menghubungkan instrumen, probe, dan perangkat tersedia berdasarkan permintaan (custom).

 

Air Cut dengan Sistem Hemat Energi

Lebih hemat energi hingga 50%!

Unit dan modul dari Sylvac membutuhkan suplai udara yang stabil dan terkontrol. Untuk itu, penggunaan persiapan udara regulator ganda yang presisi adalah wajib.

Dengan meningkatnya biaya energi, sangat menarik untuk menggunakan sistem penghematan energi pemotongan udara (air cut) dari Sylvac yang terdiri dari pemutusan pasokan udara (air cut) secara otomatis saat tidak sedang mengukur. Menu pada unit memungkinkan untuk menyesuaikan mode ECO, dengan menentukan waktu tunda dan wake-up threshold.

Penghematan yang dilakukan dengan sistem seperti itu bisa menghemat hingga 50%. Pada skala perusahaan, ini bisa mewakili penghematan ribuan dollar per tahun serta pengurangan yang kuat pada emisi CO2.

Air Preparation

Persiapan standar Persiapan dengan sistem penghematan energi

 

Bagaimana Untuk Mencapai Hasil Yang Konsisten?

Mencapai hasil yang konsisten dengan pengukuran udara (air measurement) bergantung pada berbagai faktor, diantaranya seperti kualitas air supply, air gauge, setting master, dan display unit atau software. Masing-masing elemen ini memainkan peran dalam hasil akhir pengukuran, dan setiap penyimpangan dari kesempurnaan dapat mengakibatkan hasil yang tidak memuaskan.

 

Air Supply

Air supply yang stabil, baik dalam tekanan maupun aliran, merupakan komponen penting yang secara langsung mempengaruhi hasil akhir pengukuran. Untuk memastikan konsistensi, penting untuk menggunakan peralatan persiapan udara yang presisi. Menggunakan regulator standar biasa hanya akan menyebabkan pengukuran tidak stabil. Udara harus disaring dan dikeringkan untuk menghindari korosi pada level air gauge. Output dari tekanan udara harus 3 bar, dengan catatan peringatan bahwa tekanan diatas 5 bar dapat merusak unit dan tekanan rendah akan mempengaruhi akurasi. Diameter dan panjang tabung pneumatik juga penting, tabung yang tidak sesuai dapat menyebabkan waktu reaksi yang lambat dan nilai yang ditampilkan tidak stabil.

Air Gauge

Sylvac berspesialisasi dalam menyediakan display unit canggih dan software untuk sistem air gauging. Meskipun Sylvac tidak memproduksi atau menjual air gauge secara langsung, Sylvac bekerja sama dengan pemasok terpercaya untuk memastikan pelanggan memiliki akses air gauge dengan presisi tinggi dan berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhkan pengukuran khusus mereka. 

Setting Master

Pengukuran udara membutuhkan kalibrasi dengan master bersertifikat. Kalibrasi dapat dilakukan dengan 2 atau 3 master: yang pertama sesuai dengan nilai minimum toleransi, yang kedua sesuai dengan nilai maksimum toleransi, dan yang ketiga sesuai dengan nilai nominal.

Untuk mencapai hasil yang konsisten, disarankan untuk menggunakan setting master setidaknya 10 kali lebih akurat daripada karakteristik interval toleransi yang diukur.

Software Sylcom

 

Pelanggan yang lebih memilih solusi berbasis Windows dapat memanfaatkan air gauge dengan software Sylcom Sylvac dengan menghubungkannya ke modul master MB-RS dan modul MB-AG

Sylcom menawarkan tingkat fleksibilitas yang tinggi dalam menampilkan dan mengekspor hasil, serta kemampuan untuk menggabungkan air measurement dengan pengukuran lain yang dilakukan menggunakan hand tools Sylvac seperti kaliper, indikator, dan probe.