Updated 23 Agustus 2023

Mesin Apa Saja Yang Menggunakan AC Panel?

Hampir semua industri memiliki panel kontrol listrik atau panel mesin yang dioperasikan setiap harinya. Alhasil panel mesin kerap menghasilkan suhu yang tinggi, bahkan hingga overheat, akibat digunakan secara non-stop. Akibatnya, komponen listrik pada panel kontrol listrik menjadi cepat rusak. Belum lagi adanya debu dan kotoran yang menempel pada mesin industri jika terus dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan mesin tidak beroperasi secara maksimal. Akibatnya, tidak bisa dipastikan kapan bagian mesin tersebut akan mencapai titik lemahnya sehingga memungkinkan mesin tiba-tiba menjadi rusak tanpa menunjukkan tanda-tanda sebelumnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan alat pendingin panel (cooling panel) atau juga dikenal sebagai AC Panel.

Mengapa Harus Dengan AC Panel?

Dalam menjaga performa mesin produksi, umumnya perusahaan akan menggunakan fan atau menaruh mesin dalam ruangan ber-AC. Namun, hal ini tidaklah maksimal untuk mengurangi overheat pada panel mesin. Penggunaan Fan tidak mampu memberikan cooling yang cukup untuk mencegah overheat, hanya cenderung memberikan ketahanan lifetime mesin sedikit lebih lama dibandingkan mesin tanpa pendingin. Selain itu Fan juga tidak melindungi panel mesin dari debu serta kotoran sehingga mesin lebih rentan rusak. Sedangkan penggunaan AC hanya akan mendinginkan bagian luar mesin namun bukan dengan bagian panel mesin dimana itu berada di dalam mesin. Hal ini berarti udara dingin yang didistribusikan oleh AC biasa tidak merata hingga ke dalam panel mesin.

Dengan menggunakan Cooling Panel, tidak hanya mendinginkan bagian panel mesin namun juga melindungi panel mesin dari kotoran serta debu. Hal ini juga diperkuat oleh prinsip kerja cooling panel yang bekerja dengan cara memindahkan panas dari dalam keluar panel lalu mendistribusikan aliran udara dingin yang stabil ke dalam panel.

Penggunaan AC panel pada mesin juga bertujuan untuk menjaga panel mesin Anda. Mesin yang tidak menggunakan AC panel berpotensi mengalami downtime lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan.

Seberapa penting penggunaan cooling unit untuk mencegah kerusakan pada mesin?  baca selengkapnya disini>>>

Mesin Apa Saja Yang Menggunakan AC Panel?

Pada umumnya, semua mesin yang memiliki Panel Control bisa menggunakan AC panel. Mulai dari mesin CNC, mesin Press, mesin Printing, Robot dan masih banyak lagi.

Bagaimana Perawatan AC Panel?

Tujuan perawatan ini adalah agar performa AC panel selalu terjaga dengan baik dan mencegah kerusakan baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Perawatan dari AC Panel Dindan memiliki 3 level preventive maintenance. Silahkan tonton video selengkapnya disini untuk 3 level preventive maintenance AC Panel: https://www.youtube.com/watch?v=cfDnkKfh8Ho

Distributor AC Panel di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi AC panel Dindan di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan AC panel untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.