buffing dan polishing

Penggunaan Alat Polishing dan Buffing Pada Industri

 

Mengapa Alat Polishing dan Buffing Dibutuhkan dalam Industri? 

Buffing dan Polishing adalah dua proses finishing yang umum digunakan dalam industri manufaktur. Keduanya bertujuan membuat permukaan benda kerja menjadi rata dan halus untuk mempercantik tampilan benda kerja tersebut. Perbedaan antara buffing dan polishing dapat Anda baca pada artikel : Buffing dan Polishing, Apa Perbedaannya?

Setiap benda kerja memiliki kondisi permukaan yang berbeda, sehingga diperlukan prosedur yang berbeda pula menggunakan bahan abrasif yang tepat agar permukaan tersebut tidak mengalami kerusakan. Namun Buffing dan Polishing tidaklah sama, setiap proses finishing memiliki ciri khasnya sendiri.

Apa itu Buffing?

Buffing adalah proses finishing untuk menghaluskan atau menghilangkan goresan atau garis di permukaan material dan memberikan tampilan mengkilap dengan menggunakan roda buffing (buffing wheel). Roda buffing juga terbagi ke beberapa jenis dan perlu disesuaikan dengan material yang di buffing.

Apa itu Polishing?

Polishing adalah proses finishing yang lebih kasar / agresif daripada buffing menggunakan roda polishing (polishing wheel). Tujuan polishing adalah untuk meratakan permukaan yang tidak rata / kasar agar tampak lebih halus. Polishing dapat dilakukan pada berbagai material seperti batu, plastik, logam, kaca, marmer, dan lain-lain. 

Perbedaan Polishing dan Buffing

Perbedaan buffing dan polishing

Polishing dan buffing memiliki perbedaan walaupun keduanya dapat diaplikasikan pada bahan yang sama. Anda dapat menggunakan teknik polishing terlebih dahulu, diikuti dengan proses buffing untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Polishing melibatkan lebih banyak bahan abrasif daripada buffing. Proses ini mampu menghilangkan lebih banyak material, dengan kecepatan permukaan roda berada di kisaran 2300 m/s. Polishing lebih efektif menghilangkan goresan yang dalam. 

Sedangkan pada proses buffing, butiran abrasifnya sangat halus. Abrasif digunakan dengan senyawa buffing dan kemudian diaplikasikan ke permukaan material. Proses ini menghilangkan material lebih sedikit dengan kecepatan roda yang lebih tinggi daripada Polishing, serta hasil permukaan jauh lebih halus. 

Pengaplikasian Polishing dan Buffing

Pengaplikasian Polishing dan Buffing

Proses polishing dan buffing dapat diaplikasikan untuk beberapa tujuan penggunaan. Beberapa diantaranya seperti untuk meratakan lapisan cat pada langit-langit rumah, semen, keramik, perhiasan, cat mobil, gagang kayu pada pisau, patung, part mesin berbahan logam, dan banyak aplikasi lainnya.

Contoh Produk Koyo-Sha Buffing & Polishing

  1. Koyo-Sha Compound

Koyo-Sha Compound

Setiap kompon Koyo-Sha Buffing & Polishing akan bekerja dengan luar biasa, tergantung pada bahan permukaan kerja yang akan dipoles. Untuk menggunakan compound, Anda cukup mengaturnya ke roda buffing saat bergerak. Senyawa (compound) akan terkelupas pada roda, dan akan masuk ke material yang Anda gosok.

Koyo-Sha Buffing and Polishing Compound dapat digunakan untuk berbagai material, seperti baja atau baja tahan karat, aluminium atau zinc, tembaga atau kuningan, plastik atau permukaan coating, titanium, dan banyak lagi.

Misalnya untuk material plastik dan permukaan yang dicoating, Anda dapat menggunakan compound seri DANDEE. Sedangkan untuk material titanium, Anda dapat menggunakan compound  seri TP.

  1. Koyo-Sha Polimall Sheet

Koyo-Sha Polimall Cloth Sheet

Koyo-Sha Polimall Sheet cocok digunakan untuk membersihkan benda logam seperti emas, silver, tembaga, aluminium, dan stainless steel. Berbeda dengan kain silikon pembersih biasa yang hanya mampu memberikan efek kilau sementara, Polimall sheet ini memberikan polesan kilau asli pada permukaan benda tanpa goresan atau korosi.

  1. Koyo-Sha Buff Disc

Koyo-Sha Buff Disc

Koyo-Sha Buff Disc digunakan untuk pemolesan halus. Roda buffing, juga dikenal sebagai mops, terbuat dari kain katun atau wol. Koyo-Sha Buff Disc dapat digunakan untuk berbagai material, seperti baja atau baja tahan karat, aluminium, karbon, benda kerja yang dicoating dan banyak lagi.

Misalnya untuk material permukaan yang dicoating, Anda dapat menggunakan Koyo-Sha Cord Sisal Buff Disc. Sedangkan untuk material aluminum casting atau stainless steel, Anda dapat menggunakan Koyo-Sha Wide Finger Sisal Buff Disc.

Distributor Alat Polishing dan Buffing di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor berbagai produk abrasive Koyo-Sha di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan produk buffing dan polishing atau proses finishing untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.