defelsko

DeFelsko - Alat Ukur dan Inspeksi Multifungsi

Apa Itu DeFelsko

Instrumen DeFelsko adalah rangkaian instrumen inspeksi dan pengukuran multifungsi dari Amerika Serikat yang menawarkan solusi pengukuran dan manajemen data paling canggih dan lebih fleksibel. 

Saat ini DeFelsko menawarkan lebih dari 70 model instrumen inspeksi dan pengukur ketebalan lapisan untuk berbagai penggunaan di berbagai industri di seluruh dunia. Salah satu yaitu DeFelsko PosiTector.

Berikut ini salah satu fitur canggih dari DeFelsko PosiTector yang perlu Anda ketahui.

Body Dapat Digunakan Untuk Berbagai Probe

DeFelsko PosiTector memiliki fitur Probe Interchangeability yaitu mampu menerima semua jenis probe PosiTector dan dengan mudah mengkonversi pengukuran sesuai probe yang sedang disambungkan. 

Contoh probe yang dapat dipasang pada PosiTector Body yaitu probe coating thickness gauge, surface profile gauge, dew point meter, soluble salt tester, hardness tester, gloss meter, dan ultrasonic thickness gauge. 

a. Coating thickness gage

DeFelsko Coating Thickness Gage

Coating thickness gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui berapa ketebalan lapisan cat (coating) dari suatu material logam maupun non-logam.

DeFelsko PosiTector 6000 dapat Anda gunakan untuk mengukur ketebalan lapisan cat pada substrat logam. Alat ini bekerja dengan prinsip magnet dan arus eddy pada logam besi maupun non-besi secara akurat dan cepat.

Selain untuk substrat logam, Anda juga dapat mengukur ketebalan cat pada substrat non-logam dengan menggunakan DeFelsko PosiTector 200. Alat ini bekerja dengan teknologi ultrasound dan dapat mengukur ketebalan lapisan di atas kayu, beton, plastik, dan lainnya. 

b. Surface profile gage

DeFelsko Surface Profile Gage

Surface profile gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui berapa kekasaran permukaan suatu objek, biasanya digunakan dalam persiapan untuk aplikasi protective coating.

DeFelsko PosiTector SPG dapat Anda gunakan untuk mengukur dan merekam surface profile pada material blaster steel, lapisan bertekstur, dan beton dalam persiapan untuk aplikasi pelapis.

Anda juga dapat menggunakan DeFelsko PosiTector RTR H untuk mengukur surface profile menggunakan Testex Press-O-Film™ replica tape untuk material blasted steel dan lapisan bertekstur.

Produk canggih lainnya adalah DeFelsko PosiTector RTR 3D, yaitu Replica Tape Reader yang dapat mengukur dan merekam parameter profil permukaan dalam 2D/3D. 

c. Dew point meter

DeFelsko Dew Point Meter

Dew point meter (alat ukur titik embun) adalah alat yang digunakan untuk mengukur parameter iklim guna memastikan kualitas udara dalam produksi atau proses di pabrik.

DeFelsko PosiTector DPM adalah contoh produk Dew Point Meter yang dapat digunakan untuk pemantauan lingkungan. Alat ini ideal untuk persiapan permukaan seperti yang dipersyaratkan oleh ISO 8502-4, BS 7079-B4, ASTM D3276, IMO PSPC, SSPC-PA7, dan US Navy NSI 009-32. 

Selain DPM, produk DeFelsko yang dapat Anda gunakan dalam environmental monitoring yaitu DeFelsko PosiTector IRT, yang merupakan Infrared Thermometer yang dapat mengukur suhu permukaan secara non-kontak.

d. Soluble salt tester

DeFelsko Soluble Salt Tester

Soluble salt tester adalah alat elektronik genggam yang berfungsi untuk mengukur konduktivitas larutan dan menghitung konsentrasi garam yang larut dalam air pada permukaan logam sesuai dengan ISO 8502-6 (Metode Bresle) dan ISO 8502-9.

DeFelsko PosiTector SST adalah contoh produk soluble salt tester yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kontaminasi garam di permukaan logam.

e. Hardness Tester

DeFelsko Hardness Tester

Pengujian kekerasan (hardness testing) dibagi menjadi beberapa jenis, seperti shore hardness dan barcol hardness. 

Shore Hardness Durometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kekerasan lekukan (shore hardness) pada material non-logam. Contoh produknya yaitu DeFelsko PosiTector SHD, yang tersedia dalam 2 model untuk rentang kekerasan yang berbeda (Shore A dan Shore D).

f. Gloss meter

DeFelsko Gloss Meter

Glossmeter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur kilap pantulan spekular (gloss) dari suatu permukaan. Gloss ditentukan dengan memproyeksikan seberkas cahaya pada intensitas dan sudut yang tetap ke permukaan, serta mengukur jumlah cahaya yang dipantulkan pada sudut yang sama namun berlawanan.

DeFelsko PosiTector GLS adalah contoh produk gloss meter yang dapat Anda gunakan untuk semua proses surface finishing.

g. Ultrasonic thickness gage

DeFelsko Ultrasonic Thickness Gage

Ultrasonic thickness gauge adalah alat ukur yang berisi transduser ultrasonic yang memancarkan pulsa energi gelombang suara untuk mengetahui berapa ketebalan dari suatu lapisan. 

DeFelsko PosiTector UTG adalah contoh produk ultrasonic thickness gauge untuk mengukur ketebalan dinding pada material seperti baja, plastik, dan lainnya. Alat ini ideal untuk mengukur efek korosi atau erosi pada tangki, pipa, atau struktur apapun yang aksesnya terbatas pada satu sisi. 

Lebih Hemat dan Efisien

Defelsko probe change

Selain modelnya yang modern dan portabel, semua produk PosiTector di atas dapat digunakan hanya dengan 1 body saja. Artinya, Anda hanya perlu memiliki 1 PosiTector Gage Body untuk  berbagai varian probe DeFelsko sehingga lebih hemat dan efisien untuk proses operasional manufaktur yang membutuhkan banyak tahap pengukuran dan inspeksi.

Distributor Defelsko di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi DeFelsko di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan alat inspeksi untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.