Dial dan Digital Indicator

Dial/Digital Indicator adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur atau memeriksa kerataan/kesejajaran, keolengan putaran benda kerja (Run Out), dan kebengkokan poros pada permukaan benda kerja dengan skala pengukuran yang sangat kecil.


Pilihan Dial maupun Digital Indicator tergantung pada aplikasi dan preferensi pengguna. Selama ini, dengan Dial Indicator, operator harus menginterpretasikan posisi pointer untuk membaca pengukuran (jarum), merekamnya dan memasukkan data ke dalam komputer. Itu adalah tiga langkah dimana kesalahan dapat terjadi (salah membaca hasil pengukuran, salah input data, dan lainnya).

Bagi User, meningkatkan dari Dial ke Digital Indicator mungkin merupakan suatu perubahan teknologi yang tiba-tiba. Namun
 Digital Indicator memiliki keuntungan untuk pengumpulan data dalam aplikasi kontrol proses. Digital Indicator dapat menampilkan pengukuran secara langsung, biasanya sebagai nilai aktual, seperti 20.00 mm, ke printer atau program SPC tanpa kesalahan operator dalam membaca atau merekam. Operator cukup hanya memposisikan benda kerja dan menekan tombol. Proses digital ini bahkan telah menjadi teknologi nirkabel (wireless) dalam lima tahun terakhir.


       

Digital Indicator

  • Dilengkapi pengecekan flatness, run-out, dan toleransi

  • Auto-zeroing

  • Nilai aktual

  • Tersedia pilihan satuan inch/milimeter

  • Data Output

  • IP67

Sylvac S_Dial WORK Advanced merupakan Digital Indicator yang mampu mengukur dan mencatat data secara real-time hanya dengan menekan tombol lalu semua data sudah langsung otomatis tercatat di dalam 1 file yang ada di smartphone atau PC. Data yang telah tercatat juga bisa langsung dianalisa lebih lanjut di checksheet. Dengan teknologi Bluetooth maka semakin mendukung konektivitas dan mobilitas User.

Memilih Digital Indicator yang baik bisa menjadi tantangan tersendiri. Dengan semakin banyaknya variasi indikator dan tampilan digital yang tersedia, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang terbaik untuk sistem Anda. Berikut 5 tips yang perlu diperhatikan sebelum memilih Digital Indicator yang tepat:

       
  • Aplikasi

Sifat aplikasi akan menempatkan tuntutan tertentu pada kebutuhan indikator. Aplikasi yang paling sederhana akan membutuhkan sedikit lebih dari kemampuan untuk display weight. Sistem yang lebih kompleks akan memerlukan fungsi seperti batching, data logging, analog output, tare counting, dan kemampuan untuk pengaturan yang diprogram pengguna lainnya.

 

  • Persyaratan Sistem

Digital Indicator harus dapat berinteraksi dengan semua elemen dalam skala sistem. Meskipun semua indikator memiliki serial port yang dapat dihubungkan ke printer atau remote display, beberapa indikator memerlukan pengkondisian sinyal tambahan untuk mengirim data ke bagian lain dari sistem yang dapat memicu shut-off atau memulai tindakan lain dalam proses aplikasi. Penting bahwa indikator memiliki koneksi yang sesuai yang diperlukan untuk komunikasi.

       
  • Lingkungan

Kondisi fisik dan lingkungan dimana sistem skala beroperasi penting untuk dipertimbangkan saat memilih indikator. Faktor-faktor seperti suhu, kelembapan, debu, kotoran, air, dan paparan elemen (angin, hujan, matahari, dll) sangat mempengaruhi masa pakai indikator. Memilih indikator dengan perlindungan lingkungan yang tepat adalah kunci untuk meminimalkan potensi masalah.


  • Kapasitas yang dibutuhkan

Penting untuk memilih indikator yang mampu membaca secara akurat pada bobot tertinggi dan terendah yang diperlukan. Idealnya, harus ada ruang tampilan yang cukup untuk semua digit yang diperlukan dengan satu digit tambahan yang tersedia.

  • Unit (Satuan)

Sebagian besar Digital Indicator dapat menampilkan hasil dalam satuan yang berbeda seperti gram, kilogram, pound, ons, dan banyak lagi. Aplikasi tertentu memerlukan unit pemimbangan tertentu. Misalnya, sistem skala ilmiah mungkin memerlukan indikator untuk dapat beralih antara ons, gram, dan newton sementara truck scale akan membutuhkan pound dan kilogram.

 
       

Kafer Digital Dial Gauges MD 12 T dirancang untuk mengukur jarak dan sudut kecil secara akurat dengan pembacaan yang lebih jelas. Dibandingkan dengan versi analog, Kafer Digital Dial Gauges MD 12 T yang dirancang dengan elektronik buatan Sylvac Swiss untuk jaminan kualitas Anda pada tingkat pengukuran dan koneksi data yang lebih cepat. Ini akan mendorong Anda untuk dengan mudah menginterpolasi Dial Gauge dengan cepat untuk aplikasi apapun. Tampilan digital dengan angka besar beserta fungsi dan display section yang bisa diputar hingga 270° membuat sangat nyaman untuk aplikasi apapun.

Sylvac S_Dial Work Nano adalah Digital Indicator yang didesain untuk mengukur jarak dan sudut kecil secara akurat dengan pembacaan yang lebih jelas dan kontrol langsung dalam resolusi 0,1µm & 0,5µm. Dirancang dengan tampilan digital, Sylvac S_Dial Work Nano memiliki kemampuan repeatability 0,5µm, sehingga dari beberapa jarak kecil dapat dengan mudah direalisasikan (misalnya, perbedaan ketinggian yang kecil antara dua permukaan datar, sedikit kurangnya konsentrisitas antara dua silinder atau penyimpangan fisik lainnya. Dilengkapi dengan layar besar dan toleransi LED terintegrasi serta tombol yang dapat diprogram sesuai kebutuhan Anda.

       

 

         

Kafer Foil Dial Thickness Gauges digunakan untuk mengukur ketebalan berbagai bahan seperti kulit, kertas karton, kertas, kain kempa, karet (rubber), kaca, lembaran, logam, film, kayu lapis dan plastik. Bentuk dari feeler harus disesuaikan dengan material yang diukur.

 

Kafer Precision Dial Depth Gauges TMD 12 didesain sebagai mikrometer pengukur kedalaman untuk mengukur kedalaman benda kerja apapun. Ini memiliki aplikasi yang luas untuk pengukuran dalam kisaran 12,5mm. Dibandingkan versi analog , Kafer Digital Dial Depth Gauges TMD 12 yang baru dirancang dengan elektronik buatan Sylvac untuk jaminan kualitas Anda pada tingkat pengukuran dan koneksi data yang lebih cepat. Ini akan mendorong Anda untuk dengan mudah menginterpolasi Dial Gauge dengan cepat. Tidak seperti konsep ratchet yang lebih cepat aus pada mikrometer kedalaman biasa, sekrup heksagonal internal pada perangkat ini dibuat dengan akurasi tepat dan sangat tahan aus. 

           
     

Sylvac S_Dial Bluetooth Smart adalah Digital Indicator dengan transmisi Bluetooth bawaan. Ini memiliki kesalahan maksimal hingga 3um dengan clamping shaft yang diperkuat. Dikombinasikan dengan tampilan digital D300S untuk deteksi otomatis gauge dan pengalaman pengumpulan data yang mudah.

 

 Kafer Digital Dial Gauge MD 12 T

 

 

 Sylvac Cylinder Bore Gauge S_Dial Work CBG

   

 Kafer Precision Dial Gauge FM Series

 

 

 Sylvac Digital Indicator S_Dial Work Nano Smart

                 

 

 

 Sylvac S_Dial Work Bluetooth Smart

 

 

 Kafer Foil Dial Thickness Gauge

   

 Kafer Digital Dial Depth Gauge TMD 12

   

 Kafer Dial Test Indicator K Series

                 
 

 

Untuk menjaga tingkat kualitas dan presisi yang tinggi pada Digital Dial Indicator, perhatikan tips berikut ini:

  • Pasang Digital Dial Indicator dekat dengan kolom penyangga pendek pada test set untuk menghindari defleksi batang penahan

  • Jaga agar permukaan referensi tetap bersih dan rata yaitu dengan alat set uji yang bersih dan terpasang dengan benar

  • Jaga agar poros indikator dan titik tetap bersih, gunakan kain lembut yang tidak berbulu

  • Simpan di tempat aman dan kerin lalu tutupi untuk menghindari debu serta kelembapan dari luar

 

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang indikator mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda atau ingin mengetahui lebih lanjut perihal pembahasan indikator di atas, silahkan hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.