membuat data matrix

Pembuatan Data Matrix Pada Logam Menggunakan Mesin Marking

Kode Data Matrix adalah kode dua dimensi (2D) yang terletak pada suatu produk atau komponen dan berfungsi untuk mengidentifikasi detail dari suatu komponen tersebut.

Data matrix pada komponen berbahan logam dapat Anda buat dengan menggunakan mesin marking. Bagaimana contoh aplikasi mesin marking tersebut? Simak berikut ini.

Apa itu Data Matrix?

Data matrix

Data matrix adalah kode 2D yang mengkodekan data dalam sel atau titik persegi berwarna hitam dan putih yang disusun dalam kotak atau “matriks”. Tidak seperti barcode 1D, data matrix bersifat omnidireksional, artinya dapat dibaca dari sudut manapun.

Kode data matrix dicirikan dengan pola berbentuk “L” di satu sisinya, atau disebut sebagai finder yang berfungsi membantu pemindai kamera menemukan kode.

Alasan Data Matrix Penting Untuk Digunakan

Data matrix penting digunakan karena memiliki tingkat toleransi kesalahan yang tinggi yaitu hingga 30% dan seluruh simbol Data Matrix dapat menyimpan hingga 2.335 karakter alfanumerik. Kode data matriks juga dapat dipindai dari sudut manapun (0-360°) dan sangat cocok untuk penandaan (marking) pada produk dengan area yang sangat kecil.

Perbedaan Data Matrix Dengan QR Code

Perbedaan data matrix dan QR code

Kode Data Matrix dan kode QR (Quick Response) termasuk ke dalam barcode 2D. Namun, terdapat perbedaan antara kedua kode ini yang membuatnya lebih cocok untuk aplikasi yang berbeda.

Kode Data Matrix secara fisik lebih kecil dari kode QR, menawarkan kepadatan data yang tinggi dalam ukuran yang sangat kecil, sehingga ideal untuk menandai bagian produk dengan ruang yang terbatas, seperti pada komponen elektronik kecil.

Kode QR terdiri dari modul hitam yang disusun dalam pola persegi dengan latar belakang putih. Informasi yang dikodekan dapat terdiri dari segala jenis data seperti biner atau alfanumerik. QR code lebih besar dan dapat berisi lebih banyak data daripada kode Data Matrix. 

Dari segi bentuknya, Kode Matrix memiliki ciri-ciri pola berbentuk L di salah satu sisinya. Sedangkan QR code memiliki ciri-ciri berupa tiga kotak di sudutnya yang memungkinkan untuk membaca data yang disandikan.

Pembuatan Data Matrix Menggunakan Mesin Marking

Hasil data matrix dengan mesin marking

Untuk membuat kode Data Matrix pada permukaan benda kerja, Anda dapat menggunakan mesin dot-peen marking dan mesin laser marking. Keduanya dapat membuat kode data matrix pada material logam namun dalam bentuk yang berbeda.

Dot peen marking menghasilkan kode data matrix dari kumpulan titik-titik. Sedangkan laser marking menghasilkan kode data matrix dengan kecepatan dan presisi tinggi di area yang sangat kecil. 

Pengaplikasian Data Matrix Pada Industri

Data matriks menggunakan mesin marking dapat digunakan pada berbagai aplikasi industri, seperti:

  1. Industri pesawat terbang (aerospace).

  2. Industri otomotif (automotive).

  3. Industri metalurgi (metallurgy).

  4. Industri elektronik.

  5. Industri farmasi dan alat kesehatan.

  6. Industri media cetak.

  7. Dan lain sebagainya.

Contoh Mesin Marking yang Bisa Membuat Data Matrix pada Logam

  1. MRJ CO2 Laser Marking Machine 30B

MRJ CO2 Laser Marking Machine 30B

  1. MRJ Portable Laser Fiber Marking Machine

MRJ Portable Laser Fiber Marking Machine

  1. SIC Marking Portable Marking System e10 p63

SIC Marking Portable Marking System e10 p63

  1. SIC Marking Dot Peen Marking Machine e10 c153

SIC Marking Dot Pen Marking Machine e10 c153

  1. SISMA LOGO MARKING LASER

SISMA LOGO MARKING LASER

Distributor Mesin Marking di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mesin marking di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan mesin marking untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.