KEANDALAN DOT PEEN MARKING DALAM PRODUCT TRACEABILITY

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, pemalsuan merupakan ancaman besar bagi sektor industri yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Namun dengan teknologi penandaan laser dapat menjadi solusi tepat yang akan sangat membantu dalam mencegah pemalsuan produk sehingga kepemilikan menjadi lebih aman, komponen lebih dipercaya, dan bisnis lebih stabil. 

Proses Traceability didasarkan pada beberapa langkah, yaitu: menandai (marking) > membaca (reading) > verifikasi (verification) > komunikasi (communication)Untuk memastikan identifikasi yang optimal di seluruh distribusi dan penggunaannya, beberapa perangkat ini harus memiliki tanda yang terdiri dari elemen yang berbeda. Untuk memenuhi standar yang disebutkan di atas, itu harus berisi barcode atau Datamatrix yang dapat dibaca mesin serta beberapa kode alfanumerik yang dapat diidentifikasi oleh manusia. Seringkali logo diterapkan, memenuhi kebutuhan yang lebih estetis daripada praktis. Untuk menandai atau melacak (traceability) komponen industri dimulai dengan teknologi marking yang dapat dilakukan dengan sistem laser, dot peen atau scribbing.

Teknologi Dot Peen Marking bekerja secara elektromekanis dengan menancapkan rakitan diamond stylus pada permukaan part yang akan ditandai. Hasilnya adalah serangkaian titik untuk membuat angka, teks, logo, barcode, logo dan kode matriks 2D. Kualitas titik-titik yang dibuat bahan indentasi sangat penting untuk keterbacaan kode. Setiap titik yang dihasilkan berasal dari arus berdenyut yang mengalir melalui solenoida, meninju magnet ke permukaan, dan kemudian mengembalikan stylus ke posisi awal (menunggu dorongan berikutnya). Setiap dorongan hanya terjadi dalam sepersekian detik, misalnya seluruh kode matriks data 2D dapat diselesaikan dalam hitungan detik (tergantung pada ukurannya).

SIC Marking telah mengembangkan berbagai macam mesin pengukiran datamatrix titik-titik dengan keandalan yang tinggi. Ukuran titik, bentuk, dan jarak dapat diontrol seiring berjalannya waktu berkat sistem mekanis yang kokoh (sumbu X dan Y) dan pemeliharaan rutin dot marker. Apa yang membuat sistem penandaan Dot Peen Marking dari SIC Marking unik adalah pengukuran konstan arus listrik antara setiap pulse. Hal ini memungkinkan kontrol konsistensi dorongan yang konstan dan tepat. 


 

       
  • Hemat biaya

  • Tidak menggunakan bahan habis pakai

  • Cepat, akurat, presisi

  • Ringan dan mudah digunakan

  • Dapat menandai material apa saja (termasuk baja yang dikeraskan)

  • Tidak memerlukan compressed air

  • RS232 / Ethernet

  • Tersedia pilihan custom 

 

Identifikasi untuk Part Otomotif

Aplikasi meminta sistem yang sesungguhnya otomatis yang dapat menandai beberapa bagian dalam satu siklus. Semua part dipasang oleh operator dan keseluruhan siklus harus dikelola oleh pengontrol lain. Berdasarkan persyaratan ini, SIC merancang sistem penandaan yang mencakup PLC kecil dan perangkat lunak khusus pada PC. Dalam satu siklus, sistem dapat menandai semua part dan sekaligus memeriksa kualitas kode 2D. Perangkat lunak custom PC ini berdasarkan arsitektur "SIC Vision" menilai kualitas setiap part di akhir siklus, tetapi tidak akan mencoba memvalidasi part yang ditandai jika permukaan tidak memadai, meskipun semua kode lainnya sangat baik. Proses ini menjamin 100% pembacaan kode yang ditandai dalam proses selanjutnya, dan sistem penyimpanan global memungkinkan validasi dengan gambar dan laporan jika ada keraguan.


 

Applications

Mengingat fokus SIC Marking pada sistem kualitas global dan persyaratan identifikasi komponen yang unik, teknologi Dot Peen Marking banyak digunakan di seluruh industri otomotif dan industri aerospace. Karena sistem Dot Peen Marking sangat cocok untuk penandaan permanen pada setiap bahan permukaan, teknologi ini juga banyak digunakan dalam mesin pertanian, industri minyak dan gas, industri pengerjaan logam, komponen elektronik, industri transportasi dan logistik, peralatan konstruksi, dan masih banyak lagi.

Handheld Dot Peen Markers

Dot Peen Marking dari SIC Marking adalah solusi portabel yang cocok untuk lingkungan kerja yang mengutamakan kemampuan manuvar dan serbaguna. 

E1 Series: Didesain dengan portabilitas dan kemampuan manuver yang ditingkatkan, seri E1 adalah pengembangan terbaru dari Dot Peen Markers SIC.

 

E1_P63C (60mm x 25mm marking window)

     

E1_P123 (120mm x 40 mm marking window)

       

E10 Series: Rentang E10 tingkat lanjut merupakan peningkatan ke seri E9.

 

E10_P63 (60mm x 25mm marking window)

     

E10_P123 (120mm x 40mm marking window)

       

 

Solusi Dot Peen Marking Terintegrasi

Sistem penandaan Dot Peen dari SIC Marking memiliki opsi untuk diintegrasikan langsung ke dalam jalur produksi. Sistem semacam ini dirancang untuk integrator yang akan menghargai desainnya yang ringkas, keandalan jangka panjang, dan kecepatan penandaan yang tinggi. Dengan tiga opsi yang dapat disesuaikan untuk dipilih, yaitu:

 

E10R_i53: Mesin termudah untuk diintegrasikan (memiliki 50mm x 20mm marking window)

     

E10R_i83 (80mm x 70mm marking window)

     

E10R_i143 (150mm x 100mm marking window)

             

 

Column-Mounted Dot Peen Markers

Sistem penandaan Dot Peen dari SIC Marking tersedia sebagai stasiun kerja individu dengan pengontrol yang independen. Solusi ini dirancang terutama sebagai proses penandaan sekunder yang beroperasi di sepanjang jalur produksi. Setiap produk telah didesain untuk memastikan masa pakai yang lama dan keandalan yang kokoh, apapun lingkungan kerjanya.

 

E10_C153: Bertenaga tinggi, penandaan bagian atas meja dengan marking window ukuran standar (160mm x 100mm)

     

E10_C303: penandaan bagian atas meja dengan marking window ukuran besar (300mm x 150mm)

     

E10_C153_Z-A: Dilengkapi dengan sumbu Z otomatis untuk meningkatkan keserbagunaan

     

EC1: Sistem Dot Peen Marking atas meja

                   

 

Dot Peen Marking sangat cocok untuk penandaan permanen pada logam dan komponen plastik, terlepas dari sifat permukaan material atau lingkungan kerja. Mesin Dot Peen Marking tersedia sebagai stasiun kerja individu (column-mounted), sistem terintegrasi dalam jalur produksi, atau unit genggam portabel.

Banyaknya keuntungan dari Dot Peen Marking ini dapat menjadi solusi tepat bagi proses penandaan Anda. Nantikan webinar kami selanjutnya yang akan dibawakan langsung oleh Principal SIC Marking kami. Selama webinar, nantinya Principal kami akan memperkenalkan rangkaian mesin Dot Peen Marking, kelebihan serta menjelaskan aplikasi mana yang cocok, dilanjutkan dengan live demo produk. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pengetahuan komperhensif dari ahlinya! Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan tentang Dot Peen Marking atau ingin mengetahui lebih lanjut.