Menentukan Mesin Marking Berdasarkan Material

Apa itu Mesin Marking?

Mesin marking adalah alat industri yang digunakan untuk menandai permukaan benda kerja. Dengan mesin marking, Anda dapat melakukan pembuatan teks, label, logo, barcode 2D seperti data matrix dan kode lainnya.

Hasil marking ini dapat berupa titik-titik, garis-garis, atau pola yang disesuaikan berdasarkan sketsa dan mesin marking yang Anda gunakan.

Metode Marking dan Jenis Mesin Marking Berdasarkan Material

Pada dasarnya jenis metode penandaan tersedia dalam beberapa jenis, seperti metode dot peen marking, laser marking, scribe marking, manual marking, dan lain-lain. Untuk menghindari biaya yang tidak semestinya, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu bahan / material apa yang perlu Anda marking sebelum membeli mesin marking. 

Beberapa contoh materialnya seperti baja (steel), stainless steel, titanium, aluminium, paduan nikel, besi, kuningan, tembaga, plastik, dan lainnya.

1. Mesin Marking Untuk Material Stainless Steel

Baja tahan karat (stainless steel) adalah material yang mengandung senyawa besi dan setidaknya 11% Kromium, serta tahan terhadap korosi. Stainless steel sering digunakan dalam industri, contohnya dalam industri farmasi & alat kesehatan serta industri makanan.

Contoh produk mesin marking untuk material stainless steel:

  1. Vector VM2020 Air Pen Marking Machine 

  2. SIC Marking Cordless Marking E - Mark

Hasil marking stainless steel

2. Mesin Marking Untuk Material Aluminium

Bahan aluminium memiliki kepadatan dan ketahanan yang rendah. Material aluminium umum digunakan dalam industri otomotif untuk produksi suku cadang motor dan rangka mobil. Selain itu juga digunakan untuk desain badan pesawat, gerbong kereta api, dan lain-lain.

Contoh produk mesin marking untuk material aluminium:

  1. SIC Marking Portable Marking System e10 p63

  1. SIC Marking Laser System XL - Box

Hasil marking aluminium

3. Mesin Marking Untuk Material Painted Steel

Material yang telah di coating atau dicat sebenarnya bisa saja untuk dimarking. Namun hal ini jarang dilakukan karena marking pada material yang sudah dilapisi cat bisa menimbulkan potensi karat akibat bagian coating & cat yang terkikis.

Metode marking yang lebih efisien digunakan pada painted steel (material yang sudah dilapisi cat) adalah dengan metode laser marking. Namun hal ini tergantung jenis coating yang digunakan. Contoh produk mesin markingnya yaitu Sisma EASY Marking Laser

Hasil marking painted steel

4. Mesin Marking Untuk Material Galvanized Steel

Galvanized Steel (baja galvanis) adalah material baja yang menggunakan lapisan Zinc sebagai lapisan anti-korosi / karat. Penandaan material ini perlu dilakukan dengan teknik dot peen agar hasil marking mampu menahan galvanisasi dan agar dapat dibaca setelah bagian tersebut dirawat. 

Contoh mesin dot peen marking yang dapat diaplikasikan untuk baja galvanis yaitu SIC Marking Dot Pen benchtop Marking Machine e10 c153 ZA 

Hasil marking galvanized steel

5. Mesin Marking Untuk Material Ceramic

Keramik merupakan material dengan komposisi logam (semi logam) dan non logam. Saat ini, keramik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, pembuatan busi, dan aplikasi teknik lainnya. 

Teknologi laser adalah pilihan yang tepat untuk penandaan keramik. Contoh mesin marking yang dapat digunakan yaitu SIC Marking Laser System L - Box.

Hasil marking ceramic

6. Mesin Marking Untuk Material Tembaga

Tembaga (copper) adalah material yang memiliki tingkat kekerasan yang rendah dan konduktivitas tinggi. Tembaga terkenal karena penggunaannya dalam kabel listrik. Selain itu juga biasa digunakan untuk fitting pipa. 

Contoh produk mesin marking untuk copper yaitu:

  1. Vector VM2030 Ultrasonic Pen Marking Machine

  2. Sisma LOGO Marking Laser 

Hasil marking tembaga

7. Mesin Marking Untuk Material Titanium

Bahan titanium digunakan dalam industri aerospace (dirgantara) untuk produksi suku cadang ringan pada pesawat. Titanium juga digunakan dalam beberapa produk seperti peralatan olahraga dan alat bedah. 

Teknologi laser sangat efisien untuk penandaan titanium dan cocok dengan berbagai spesifikasi material. Contoh produk mesin marking yang dapat digunakan yaitu SISMA BIG SMARKY

Hasil marking titanium

8. Mesin Marking Untuk Material Brass Marking

Material brass atau kuningan sering digunakan untuk listrik, pipa ledeng, aplikasi rumah tangga dan alat musik. Bahan ini mudah ditandai karena tingkat kekerasannya yang rendah, baik menggunakan teknologi dot peen maupun laser marking. 

Contoh produk mesin marking untuk marking material kuningan:

  1. SIC Marking Dot Pen Marking Machine ec1

  1. Sisma SMARKY OEM Series

Hasil marking brass marking

9. Mesin Marking Untuk Material Plastic

Marking pada material plastik sangat banyak diaplikasikan di berbagai industri, seperti peralatan rumah tangga, komponen interior suku cadang di industri otomotif, dan lain-lain. Jenis plastik yang umum di marking seperti PET, PP, PE, atau ABS, tergantung pada tujuan penandaan.

Contoh produk mesin marking untuk material hard plastic:

  1. SIC Marking Dot Peen Marking Machine e10 c303

  2. SIC Marking Laser System XXL - Box

Hasil marking plastik

10. Mesin Marking Untuk Material Steel

Mesin marking juga dapat digunakan untuk sebagian besar paduan baja hingga yang paling keras (62 HRC). Bahan ini digunakan di banyak industri, seperti otomotif untuk body mobil, alat berat seperti truk dan mesin pertanian. Umumnya semua metode marking dapat digunakan untuk material baja (steel).

Contoh produk mesin marking untuk material steel:

  1. SIC Marking Cordless Marking E - Mark XL 

  2. Vector VM1210 Air Pen Marking Machine 

Hasil marking pada steel

Distributor Mesin Marking di Indonesia

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mesin marking di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan mesin marking untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram, Linkedin dan Youtube kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.