July 11, 2019

Drilling 101

Pada suatu waktu dalam hidup Anda, mungkin Anda harus melakukan suatu pengeboran ke entah itu dinding, pintu atau pun material lainnya. Kali ini tim kami membuat artikel berisikan beberapa tips drilling (pengeboran) yang aman dan nyaman.

Gunakan Perangkat Inspeksi
Jika Anda melakukan pengeboran ke material dinding, gunakan sesuatu perangkat seperti Stud Finder untuk menghindari pengeboran menembus kabel listrik dan pipa air. Banyak kecelakaan terjadi di rumah ketika orang berusaha melubangi dinding tanpa mengetahui apa yang ada di baliknya.

Ada banyak jenis perangkat yang tersedia di pasar. Selalu lebih baik aman daripada menyesal nantinya.

Gunakan Jenis Mata Bor yang Sesuai
Mata Bor / Drill Bits yang berbeda dirancang untuk pengeboran melalui material yang berbeda seperti kayu, logam, beton dan batu. Jika Anda menggunakan mata bor yang dirancang untuk material kayu guna menembus material dinding, proses pengeboran tidak akan berhasil dan Anda juga akan merusak mata bor kayu Anda.

Gunakanlah mata bor yang sesuai dengan material yang akan Anda bor/ lubangi.

Belajar Mengebor Lurus
Ini mungkin terdengar sederhana tetapi banyak orang secara tidak sengaja mengebor dengan sedikit miring karena mereka fokus dalam memaksa mata bor melalui material. Anda dapat membiarkan mata bor dan mesinnya bekerja dan konsentrasi pada menjaga bor selurus mungkin.

Safety First
Ada sejumlah aturan keselamatan yang harus Anda patuhi saat menggunakan bor. Yang paling penting adalah untuk melindungi mata Anda. Debu dan serpihan dari pengeboran dapat dengan mudah masuk ke mata Anda. Untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi kepada Anda, gunakan kacamata pelindung ketika melakukan pengeboran.

Pilot Holes
Jika Anda akan mengebor lubang besar maka Anda harus selalu menggunakan teknik Pilot Holes untuk memulai pengerjaan. Pilot Holes hanyalah lubang kecil yang dibor di tengah yang kemudian dapat bertindak sebagai panduan untuk mata bor yang lebih besar. Hal ini membuat pengeboran lubang yang lebih besar jauh lebih mudah dan jauh lebih akurat.

Variabel Kecepatan
Kebanyakan mata bor yang berkualitas bagus akan memiliki fungsi di mana memungkinkan Anda mengontrol kecepatan putaran bor. Beberapa bahan lebih mudah untuk dibor dengan kecepatan yang lebih lambat seperti logam, sedangkan bahan lain perlu dibor pada kecepatan yang lebih cepat (misalnya soft wood atau kayu lunak).

Anda dapat menanyakan hal ini ke supplier mata bor Anda. 

Kencangkan Chuck
Selalu pastikan chuck telah dikencangkan dengan benar. Hal ini dilakukan untuk menghindari mata bor tergelincir ketika Anda melakukan pengeboran. Beberapa chuck dikencangkan dengan kunci, jadi pastikan ada grip yang kuat tapi jangan terlalu kencang.

Chuck lain hanya dikencangkan dengan tangan dan Anda harus selalu memastikan chuck tersebut sekencang yang Anda bisa.

Penanda Titik Lubang
Pastikan Anda selalu menandai posisi dan jarak/ukuran lubang dengan jelas. Jika ada kesalahan saat pengeboran, akan sangat sulit untuk memperbaikinya.

Yang paling penting untuk diingat adalah keselamatan Anda berada di atas segalanya. Jika Anda memiliki mata bor yang tepat dan melakukan semua tindakan pencegahan sesuai petunjuk, Anda dapat membuat mata bor Anda lebih awet. Kami memiliki artikel lain perihal cara menjaga agar Mata Bor Anda lebih awet sekiranya Anda tertarik. Better safe than sorry.

Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan perihal di atas. Anda juga dapat sharing ke kami mengenai masalah Anda dan bersama kita dapat menemukan solusinya. Temukan solusi yang sesuai untuk beragam kebutuhan Anda.

Lihat Product Terkait

This site is best viewed using Internet Explore 9 and above, FireFox 2.0 and above, Safari 5.0 and above, and Google Chrome at 1024px x 768px display.