Digital Caliper: A Smarter Way to Measure

 

Salah satu alat ukur presisi untuk pemeriksaan bagian-bagian pada otomotif adalah Caliper. Caliper biasanya dikenal dengan nama sigmat atau jangka sorong. Caliper adalah alat ukur yang memiliki dua kaki atau rahang yang dapat disesuaikan untuk mengukur dimensi benda secara akurat.

Apa yang diukur Caliper?

  • Mengukur dimensi luar (Outside Jaws)

Gunakan rahang luar untuk mengukur dimensi luar suatu objek. Pastikan objek sejajar dengan rahang, jika tidak maka pengukurannya tidak akan akurat. Gambar sebelah kiri adalah contoh mengukur yang benar ketika rahang luar digunakan untuk mengukur lebar selembar aluminium yang digiling. Gambar sebelah kanan adalah contoh yang salah karena objek yang diukur tidak sejajar dengan rahang.

       

 

Anda juga bisa menggunakan rahang luar untuk mengukur ketebalan suatu benda. Pastikan objek tegak lurus dengan rahang agar ukurannya akurat. Pada gambar di bawah ini, gambar sebelah kiri adalah contoh yang benar dalam mengukur ketebalan objek. Gambar sebelah kanan adalah contoh yang salah karena objek yang diukur tidak tegak lurus dengan rahang.

       

 

  • Mengukur dimensi dalam (Inside Jaws)

Gunakan rahang bagian dalam untuk mengukur dimensi bagian dalam suatu objek. Pastikan objek tegak lurus dengan rahang. Gambar sebelah kiri adalah contoh yang benar mengukur dimensi bagian dalam lubang dengan rahang bagian dalam. Gambar sebelah kanan adalah contoh yang salah karena objek yang diukur tidak tegak lurus dengan rahang.

       
 
  • Mengukur kedalaman (Depth)

Gunakan Depth Gauge untuk mengukur kedalaman dari satu permukaan ke permukaan berikutnya. Pastikan caliper tegak lurus dengan permukaan yang diukur. Gambar sebelah kiri adalah contoh yang benar ketika mengukur jarak dari permukaan bagian aluminium ke meja di bawahnya dengan menggunakan depth gauge. Gambar kedua adalah contoh yang salah karena caliper tidak berdiri tegak lurus dengan permukaan yang diukur.

       
 
  • Mengukur langkah (Step Measurement)
       

Gunakan pengukur langkah untuk mengukur jarak antara satu tepi dengan tepi berikutnya di atasnya. Pada gambar di bawah ini, pengukur langkah digunakan untuk mengukur jarak dari bagian sudut ke tepi depan fitur persegi di atasnya

 
  • Lakukan perbandingan pengukuran (Comparative Measurement)
       

Dengan melakukan "Zero Set" pada caliper saat melakukan pengukuran, Anda dapat membandingkan dimensi satu objek dengan objek lainnya. Pada gambar di bawah ini, diameter lubang pada milled part dibandingkan dengan diameter pada batang untuk menentukan apakah batang bisa masuk ke dalam lubang atau tidak.

Pertama, rahang dalam digunakan untuk mengukur diameter dalam lubang. Selanjutnya,tekan tombol Zero (0) pada caliper. Terakhir, rahang luar digunakan untuk dimensi luar batang. Nantinya nilai yang ditampilkan pada layar merupakan perbedaan antara dimensi lubang dan batang.

 

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Caliper:

  • Mengelap permukaan caliper dan permukaan objek yang akan diukur untuk mencegah akurasi pengukuran terpengaruh secara negatif oleh kotoran atau debu

  • Selalu bersihkan caliper setelah digunakan

  • Gunakan caliper hanya pada objek/bagian yang tidak bergerak/berubah

  • Lindungi dial caliper Anda dari debu yang dapat masuk ke dalam dial dan bisa menyebabkan pembacaan yang tidak akurat

  • Periksa kalibrasi kaliper secara rutin dan ikuti petunjuk produsen/manufaktur untuk kalibrasi ulang jika perlu.

 

Sedang mencari Caliper? Klik disini untuk promo terbaik Sylvac 2021

 

Jenis-jenis Caliper yang paling umum digunakan beserta kegunannya:

         
  • Vernier Caliper

Vernier tipe ini memiliki skala ganda yang membentang di bagian atas dan bawah, menunjukkan pengukuran imperial dan metrik. Beberapa tipe ini juga menampilkan pembacaan digital. Vernier Caliper digunakan untuk mengukur diameter luar dan dalam, serta kedalaman (depth). Mampu mengukur hingga 0.1mm yang dikenal sebagai hitungan terkecil.

 

  • Dial Caliper

Caliper jenis ini memiliki tampilan dial dengan jarum indikator untuk menunjukkan pengukuran. Caliper ini dapat digunakan untuk pengukuran luar, dalam, langkah dan kedalaman.

           
         
  • Digital Caliper

Digital caliper merupakan inovasi terbaru dalam teknologi. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang lebih mudah, lalu tampilan layar LCD yang membuat pembacaan hasil menjadi lebih mudah serta hasil pengukuran yang lebih akurat (avoid human error). Fitur lainnya adalah penggunaan data transfer melalui kabel data/wireless yang bisa mencatat data hasil ukur langsung ke komputer/smartphone.

  • Spring Joint Caliper

Caliper ini memiliki dua kaki, pegas, dan mur pengatur. Jarak antara alat kedua kaki dapat disetel dengan memutar sekrup dan mur. Namun, karena tidak termasuk skala/timbangan, caliper jenis ini harus diperiksa dengan alat pengukur seperti penggaris. Ada dua jenis Spring Joint Caliper, yaitu dalam dan luar. Yang pertama mengukur ketebalan dan diameter benda, dan yang kedua mengukur diameter lubang serta jarak.

         
             
  • Micrometer

Dikenal juga sebagai Micrometer Screw Gauge. Digunakan untuk mengukur jarak yang sangat kecil. Mickometer juga digunakan untuk menunjukkan kedalaman, panjang, dan ketebalan menggunakan landasan dan poros. Untuk pembacaan di luar, saat objek terkunci di antara landasan dan spindle, mikrometer dikunci untuk memberikan pembacaan yang akurat. Mikrometer biasanya digunakan dalam teknik mesin.

  • Jenny Caliper

Caliper jenis ini juga biasanya disebut sebagai caliper kaki ganjil atau hermafrodit. Digunakan untuk menggambar garis dengan jarak tertentu dari tepi suatu objek atau benda kerja.

         

 

Di era Industry 4.0. ini, semakin banyak juga barang yang canggih yang hadir di dalam kehidupan sehari-hari kita. IoT (Internet of Things) merupakan bagian penting dari Industry 4.0, dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia, atau manusia ke komputer.

Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO Smart dirancang untuk mendukung perusahaan manufaktur di era Industry 4.0. Kaliper ini bisa terkoneksi dengan software terbaru dari Sylvac yakni Sylcom. Sylcom menawarkan inovasi transfer data melalui bluetooth sehingga Anda tidak perlu input data secara manual. Data hasil ukur dapat disimpan dan diakses melalui jaringan internet. 

Caliper S_Cal EVO Smart


Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO Smart ini bersertifikasi IP67 sehingga tahan air, oli,  debu bahkan bahan kimia sekalipun. Cara pengukurannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengukur part Anda layaknya kaliper seperti biasa, lalu hasil pengukuran akan langsung ditampilkan di layar digital caliper Anda. Cukup dengan menekan satu tombol, hasil pengukuran bisa terkirim langsung ke komputer Anda melalui bluetooth. Terdapat juga programmable button untuk memprogram fungsi apa pun yang Anda inginkan. 

                  

Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO Smart Point Jaws

    

Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO BT Deep Measurement

   

Sylvac Ultra Light Caliper ULH4

   

Sylvac S_Cal Pro Micron

 

                 

Sylvac Micrometer S_Mike PRO Bluetooth

   

Sylvac S_Mike Pro

   

Sylvac Digital Micrometer Screw

   

Sylvac S_Mike PRO Knife

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Caliper mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda atau ingin mengetahui lebih lanjut perihal pembahasan Caliper di atas, silahkan hubungi kami untuk sharing dan bersama kita dapat menemukan solusinya.